Ziarah ke Makam Lasalaga, Ketua DPD RI Bantu Perbaikan Kompleks Kuburan

Ziarah ke Makam Lasalaga, Ketua DPD RI Bantu Perbaikan Kompleks Kuburan
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan bantuan untuk segera melakukan perbaikan dan pembangunan kembali fasilitas pendukung makam. Foto: DPD RI

jpnn.com, MAMUJU - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menitipkan sejumlah uang pribadinya kepada Senator Ajbar, anggota DPD RI Dapil Sulawesi Barat, untuk segera melakukan perbaikan dan pembangunan kembali fasilitas pendukung makam.

Dia meminta untuk melakukan pembangunan dari akses masuk hingga atap makam, sehingga para peziarah lebih nyaman.

“Saya pikir tidak perlu terlalu lama menunggu Pemkab Mamuju atau Pemprov Sulbar, saya yakin Senator dari Dapil Sulbar bisa langsung melakukan rehab dan rekon komplek makam ini,” ungkap LaNyalla usai melakukan ziarah yang ditemani Senator Ajbar (Sulbar), Fachrul Razy (Aceh), Bustami Zainudin (Lampung) dan Sylviana Murni (DKI Jakarta), Senin (31/5).

Bantuan perbaikan makan dilakukan setelah kedatangan LaNyalla pada hari kedua di Mamuju, Sulawesi Barat dan berziara ke makam Lasalaga.

Makan tersebut terletak di Kampung Timbu, Mamunyu, Mamuju.

Menurutnya makan yang terletak 24 meter di atas permukaan laut itu tampak dalam kondisi yang tidak terawat. Bahkan atap makam sudah ambruk akibat gempa yang melanda Mamuju, Januari lalu. Bahkan makam yang oleh warga sekitar disebut Loda Batu atau atap batu itu dipenuhi semak belukar.

Sejarah makam Lasalaga tak bisa dipisahkan dengan ritual Masossor Manurung, atau ritual pencucian keris pusaka Kerajaan Mamuju, yang masih dilakukan setiap tahun.

Sebab, menurut sejarah, Raja Mamuju bernama Tommejammeng memiliki seorang putra mahkota bernama Pattulawatu yang kemudian menikah dengan anak gadis Raja Badung di Bali.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan bantuan untuk segera melakukan perbaikan dan pembangunan kembali fasilitas pendukung makam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News