JPNN.com

DPD Minta Penguasa Cina Dialog dengan Muslim Uyghur

Rabu, 15 Juli 2009 – 18:37 WIB DPD Minta Penguasa Cina Dialog dengan Muslim Uyghur - JPNN.com
DPD Minta Penguasa Cina Dialog dengan Muslim Uyghur
JAKARTA - Wakil Ketua DPD-RI Irman Gusman, meminta agar Pemerintah Cina dapat melakukan dialog dengan kalangan muslim Uyghur, untuk menyelesaikan berbagai konflik dan mengantisipasi agar insiden serupa tak terulang lagi di masa datang. Permintaan tersebut disampaikan Irman kepada Wakil Duta Besar (Dubes) Republik Rakyat Cina (RRC) untuk Indonesia, Yang Lingzhu, di ruang kerjanya, lantai 8 Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/7).

"Pemerintah Cina harus berkomunikasi secara lebih intensif dengan penduduk muslim di Cina, khususnya muslim Uyghur, agar insiden serupa tak terulang lagi. Kami sangat prihatin atas tragedi di Provinsi Xinjiang itu. Kondisi tersebut harus segera dipulihkan dengan mekanisme dialog," tegas Irman.

Selain itu katanya, Pemerintah Cina harus mempererat hubungan dengan negara-negara muslim di seluruh dunia, salah satunya dengan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia. "Perwakilan Pemerintah Cina di Indonesia bisa memulai kegiatan komunikasi yang intensif dengan lembaga atau organisasi Islam di Indonesia, seperti ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia). Tidak ada salahnya kita saling membuka diri untuk membahas hal-hal yang mungkin dapat dilakukan guna mempercepat pemulihan situasi di Xinjiang dan mempererat kerukunan etnis dan agama di Cina," kata Irman pula.

Sementara itu, Wakil Dubes Cina Lingzhu, berjanji akan segera menindaklanjuti masukan Pemerintah Indonesia dan lembaga atau organisasi Islam di Indonesia itu. "Saran ini memang sangat kami perlukan. Terlebih Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...