DPD Rombak Pimpinan Alat Kelengkapan

DPD Rombak Pimpinan Alat Kelengkapan
DPD Rombak Pimpinan Alat Kelengkapan
JAKARTA – Perombakan besar terjadi pada pimpinan alat kelengkapan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).  Melalui sidang parpurna, DPD menetapkan sembilan pimpinan alat kelengkapan DPD untuk tahun sidang 2010-2011. Selain  merombak pimpinan alat kelengkapan, DPD juga merombak pimpinan Kelompok DPD di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Sidang paripurna DPD dipimpin Ketua DPD Irman Gusman dan dua Wakil Ketua DPD, Laode Ida (Sulawesi Tenggara) dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas (DI Yogyakarta). Irman mengatakan, perombakan pimpinan alat kelengkapan DPD ini bukan karena adanya ketegangan dalam tubuh DPD. “Perombakan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja DPD,” kata Irman usai memimpin sidang paripurna DPD, Jumat (20/8).

Tata cara pemilihan pimpinan alat kelengkapan, sambung Irman, mengutamakan musyawarah mufakat. Apabila musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, pemilihan calon pimpinan alat kelengkapan DPD dilakukan dengan suara terbanyak.

“Penjaringan internal gugus kepulauan dilakukan untuk mendapatkan bakal calon pimpinan alat kelengkapan DPD dari masing-masing gugus kepulauan. Dalam hal ini penentuannya  memperhatikan proporsionalitas jumlah calon masing-masing gugus kepulauan,” kata Irman.

JAKARTA – Perombakan besar terjadi pada pimpinan alat kelengkapan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).  Melalui sidang parpurna, DPD menetapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News