DPD Usul Bangun Jalan Tol Khusus Motor, Setuju nggak?

DPD Usul Bangun Jalan Tol Khusus Motor, Setuju nggak?
Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah mengusulkan agar pemerintah membangun jalur tol khusus motor. Usulan itu seiring dengan meningkatnya jumlah pemudik yang pulang kampung menggunakan motor.

"Tak bisa bayangkan bila banyak pemudik yang menggunakan motor sebagai alat transportasi dan mereka harus bersentuhan dengan kendaraan lainnya, seperti truk, bus, dan kendaraan roda empat saat mudik," ujar Ketua PURT DPD Habib Ali Alwi dalam sebuah diskusi di kompleks parlemen, Senayan, Rabu (8/7).

Menurutnya, saat membangun infrastruktur jalan, pemerintah dapat menyisihkan jalan sekitar dua meter sebagai lajur khusus motor. ‎

"Jalur tol di sini juga besar sekali. Jadi, seharusnya tol itu milik semua bukan kendaraan roda empat dan yang lainnya saja," terangnya.

Habib menuturkan, ‎sebaiknya Indonesia melihat Malaysia yang memiliki jalur tol khusus motor.

"Sebab, dengan adanya jalur itu dapat membantu menekan angka kecelakaan kendaraan bermotor," jelasnya. Agar usulan itu terealisasi, DPD akan membicarakannya dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Jasa Marga.

‎Sementara itu, pengamat transportasi Yayat Supriyatna menambahkan, sebenarnya Indonesia telah memiliki jalur tol khusus motor, yakni di jembatan Suramadu. "Dan itu gratis," katanya.

Namun, Yayat tidak setuju dengan usulan DPD mengenai jalan tol khusus motor. "Sebab, UU-nya nggak sampai ke sana dan cenderung agak riskan," tandasnya. (Rehdian Khartika/fal)


JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah mengusulkan agar pemerintah membangun jalur tol khusus motor. Usulan itu seiring dengan meningkatnya jumlah pemudik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News