DPR Bekerja Hingga Dini Hari demi KPU dan Bawaslu Baru

DPR Bekerja Hingga Dini Hari demi KPU dan Bawaslu Baru
Voting terbuka di Ruang KK II, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, yang berlangsung hingga Rabu (5/4) pagi pukul 04.00 Wib. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi II DPR telah menggelar pemilihan calon komisioner KPU dan Bawaslu. Proses pemilihan digelar sejak Selasa (4/4) hingga Rabu (5/4) dini hari.

Ada 14 calon komisioner KPU dan 10 tujuh kandidat anggota Bawaslu yang menjalani pemilihan. Akhirnya terpilih tujuh komisioner KPU dan lima anggota BAwaslu untuk masa kerja 2017-2022.

Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali mengatakan, hasil pemilihan itu akan diserahkan kepada Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Selanjutnya, nama-nama yang terpilih akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR yang digelar Kamis (6/4).

“Proses uji kelayakan dan kepatutan telah dilakukan sebagaimana aturan dan prosedur dalam UU No 15 Tahun 2011, tinggal kita melaporkan ke Bamus dan mudah-mudahan akan dilaporkan resmi di Rapat Paripurna tanggal 6 April,” kata Amali.
 
Politikus Partai Golkar itu menambahkan, Komisi II DPR akan melaporkan bahwa proses fit and proper test yang berlanjut pemilihan calon komisioner KPU dan Bawaslu telah tuntas. “Komisi II telah menghasilkan nama-nama sebagaimana yang ada,” sambungnya.

Amali juga mengharapkan keputusan Komisi II ini akan memberikan manfaat dan sumbangsih terhadap proses berjalannya demokrasi di Indonesia.  Dia meyakini nama-nama yang terpilih sebagai KPU dan Bawaslu merupakan figur-figur terbaik di bidangnya.

“Mudah-mudahan keputusan ini adalah keputusan terbaik yang diambil dan menjadi sumbangsih Komisi II pada perjalanan pemilu mulai sejak pilkada 2018 dan pemilu 2019. Semoga akan membawa perubahan yang lebih baik dan kebaikan bangsa negara kita,” terang Amali.(adv/jpnn)
 
Berikut Nama Calon Anggota KPU Terpilih 2017-2022:
1. Pramono Ubaid Tanthowi (55 suara).
2. Wahyu Setiawan (55 suara)
3. Hasyim Asyari (54 suara)
4. Ilham Saputra (54 suara)
5. Viryan (52 suara)
6. Evi Novida (48 suara)
7. Arief Budiman (30 suara)


Nama Calon Komisioner Bawaslu Terpilih:
1. Ratna Dewi Pettalolo (54 suara),
2. Mochamad Afifuddin (52 suara)
3. Rahmat Bagja (51 suara)
4. Abhan (34 suara)
5. Fritz Edward Siregar (33 suara).


Komisi II DPR telah menggelar pemilihan calon komisioner KPU dan Bawaslu. Proses pemilihan digelar sejak Selasa (4/4) hingga Rabu (5/4) dini hari.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News