JPNN.com

DPR Cek Kesiagaan Bea Cukai Soekarno Hatta Mengantisipasi Virus Corona

Rabu, 05 Februari 2020 – 16:18 WIB
DPR Cek Kesiagaan Bea Cukai Soekarno Hatta Mengantisipasi Virus Corona - JPNN.com
Komisi IX DPR RI meninjau kesiapan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta dalam mengantisipasi masuknya virus corona. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANGERANG - Menyebarnya virus corona ke beberapa negara menimbulkan kecemasan, tak terkecuali di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus yang menyerang saluran pernapasan ini masuk di Indonesia.

Menjawab kekhawatiran masyarakat terkait wabah penyakit tersebut, Komisi IX DPR RI meninjau kesiapan dan pengawasan Bandara Soekarno Hatta terahdap virus corona, Rabu (29/1) lalu.

Tercatat anggota DPR RI Komisi IX yang hadir antara lain Felly Estelyta Runtuwene, Nihayatul Wafiroh, Ansory Siregar, Imam Suroso, Muhammad Nabil Haroen, Ruskati Ali Baal, Sri Justina, Arzeti Bilbina, Ratu Ngadu Bonu Wulla, dan beberapa anggota lainnya.

“Saya, didampingi Kepala Balai Besar KIPM Soekarno-Hatta Habrin Yake selaku Ketua Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata), hari ini menyambut langsung kehadiran rombongan DPR RI Komisi IX. Kami berkeliling melihat kesiapan dan fasilitas yang disediakan, seperti adanya cairan antiseptic di beberapa titik di Bandara Soekarno Hatta yang diperuntukan bagi para penumpang maupun seluruh pengguna jasa di Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta Finari Manan.

Setibanya rombongan di posko pelayanan Bea Cukai, Finari mengungkapkan bahwa pegawai Bea Cukai Soekarno-Hatta yang bertugas akan tetap bersiaga dan meningkatkan pengawasan terhadap barang bawaan penumpang yang datang dari luar negeri, khususnya yang datang dari negara-negara atensi yang telah tertular coronavirus tersebut.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno-Hatta Anas Ma’ruf juga menjelaskan bahwa KKP telah menyiapkan isolation chambers atau tabung isolasi di terminal 3 sebagai langkah antisipasi penularan virus corona melalui bandara soekarno Hatta. Isolation Chambers tersebut berfungsi sebagai alat penanganan untuk mengangkut penumpang yang diduga terpapar Virus Korona dari bandara menuju rumah sakit rujukan.

“Melalui kunjungan kerja ini, DPR RI Komisi IX diharapkan dapat meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah khususnya instansi terkait di Bandara Soekarno-Hatta, siaga dalam melindungi masyarakat melalui upaya pencegahan masuknya coronavirus secara maksimal,” harap Anas.(ikl/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo