DPR Desak Pemerintah Perbaiki Sekolah Rusak

Komisi X Berjanji akan Perjuangkan Tambahan Anggaran

DPR Desak Pemerintah Perbaiki Sekolah Rusak
DPR Desak Pemerintah Perbaiki Sekolah Rusak
JAKARTA— Wakil Ketua komisi X DPR RI Rully Chaerul Azwar meminta  Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) untuk lebih fokus terhadap rehabilitasi sekolah yang termasuk ke dalam kategori rusak berat.  “Sasaran yang kita usulkan untuk direhabilitasi adalah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, di mana wajib belajar 9 tahun harus tuntas ketersediannya. Artinya, harus betul-betul yang rusak termasuk isinya.Untuk dana bisa diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang memang fungsinya untuk rehab,” ungkap Rully ketika ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/9).

Selain itu, lanjut Rully, Kemdiknas juga harus perhatikan kondisi perpustakaan di setiap sekolah guna peningkatan mutu pendidikan. “Kita akan berupaya untuk merekomendasikan fokus DAK 2011 harus ke sekolah rusak dan harus terehabilitasi semuanya,” Rully menambahkan.

Meski begitu, Rully mengakui program ini akan terkendala dana. Karena, lanjut Rully, Dana Alokasi Khusus (DAK) yang disetujui hanya berkisar Rp. 10 Triliun. "Sedangkan untuk rehabilitasi gedung sekolah yang rusak membutuhkan dana sekitar Rp. 15 Triliun. Jika ditambah dengan fasilitas bahan ajar sebesar Rp. 5 Triliun, berarti kebutuhan menyeluruh bisa mencapai Rp. 20 Triliun," ujar politisi dari Fraksi Partai Golkar itu.

Untuk itu, menurut Rully, DPR akan mengusahakan menambah anggaran DAK menjadi Rp. 15 Triliun. “Nah, jika sudah beres, maka kita usahakan lagi tambahan Rp 5 triliun untuk bahan ajar. Itu nanti semuanya akan diperjuangkan Badan Anggaran (Banggar) Komisi ke Banggar besar,” tukasnya.

JAKARTA— Wakil Ketua komisi X DPR RI Rully Chaerul Azwar meminta  Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) untuk lebih fokus terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News