DPR Dukung Pengaktifan Fungsi TPT MUI, tapi Namanya Ganti

DPR Dukung Pengaktifan Fungsi TPT MUI, tapi Namanya Ganti
DPR Dukung Pengaktifan Fungsi TPT MUI, tapi Namanya Ganti

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Munjahid mendukung rencana mengaktifkan kembali Tim Penanggulangan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (TPT MUI), yang tidak lagi difungsikan pasca terbentuknya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Wacana ini muncul setelah Ketua MUI Pusat, KH Maruf Amin mengungkap permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla agar MUI kembali mengaktifkan TPT tersebut, usai pertemuan di Istana Wapres, Selasa (20/1) kemarin. 

"Saya setuju MUI lebih aktif berpartisipasi dalam mencegah terorisme," kata Sodik di gedung DPR Jakarta, Rabu (20/1).

Menurutnya, langkah itu bisa dimulai dengan mengganti nama TPT MUI dengan nama yang lebih sesuai dengan tugas dan fungsinya, yakni fungsi edukasi. Kemudian, namanya harus menggambarkan harkat dan martabat MUI, sehingga tidak menyeramkan.

Dalam peran edukasi, TPT MUI bisa merumuskan nilai-nilai agama yang benar, seperti ajaran islam dalam segala bidang terutama merumuskan nilai jihad dalam menegakkan kebenaran, bukan teror. 

"Fungsi edukasi untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai gejala terorisme dengan secara dini melaporkan kepada aparat keamanan," ujar politikus Gerindra itu.

Kemudian, dalam proses edukasi tidak harus dibahas khusus bab terorisme karena dengan ajaran islam yang benar dan sejati maka tidak akan ada aksi terorisme oleh muslim. Begitu juga pemeluk agama lain. (fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Munjahid mendukung rencana mengaktifkan kembali Tim Penanggulangan Terorisme Majelis Ulama Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News