DPR Dukung Provinsi Papua Selatan

DPR Dukung Provinsi Papua Selatan
DPR Dukung Provinsi Papua Selatan
JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR, Ganjar Pranowo, menegaskan, Papua Selatan sebenarnya sudah memenuhi syarat untuk menjadi provinsi. Karenanya, Ganjar meminta pemerintah membuat skala prioritas untuk pemekaran daerah khususnya daerah-daerah perbatasan.

“Papua Selatan termasuk daerah yang menjadi prioritas dan sudah memenuhi syarat menjadi provinsi ketiga di wilayah Timur Indonesia setelah Papua dan Papua Barat,” kata Ganjar, bersama penggagas Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze, kepada wartawan, di gedung parlemen, di Jakarta, Rabu (27/9).

Dijelaskan Ganjar, hingga 2012 ini DPR sudah menerima 24 usulan daerah untuk dimekarkan. Salah satunya, adalah Papua Selatan yang dulu Papua Barat Daya. Dia menjelaskan, setelah dilakukan evaluasi oleh pemerintah dari 24 yang mengusulkan untuk pemekaran hanya 19 yang masih berpeluang dimekarkan.

Hanya saja kemudian ada isu moratorium pada tahun 2009, sehingga pemekaran daerah tersebut dihentikan. Padahal, tidak ada yang namanya moratorium tersebut. “Moratorium tersebut pernah disampaikan pemerintah, tapi DPR menolak,” kata Ganjar.

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR, Ganjar Pranowo, menegaskan, Papua Selatan sebenarnya sudah memenuhi syarat untuk menjadi provinsi. Karenanya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News