DPR Ingin RI Akhiri Peran Singapura di Ruang Udara Natuna

DPR Ingin RI Akhiri Peran Singapura di Ruang Udara Natuna
Ketua DPR Bambang Soesatyo bersama Ketua DPD Oesman Sapta dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Natuna, Senin (23/4). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah Indonesia segera menguasai flight information region (FIR) di kawasan ruang udara Natuna, Kepulauan Riau. Menurutnya, FIR di wilayah Natuna yang kini dikuasai Singapura harus dikelola sepenuhnya oleh Indonesia.

Bamsoet -panggilan akrab Bambang- menyampaikan hal itu usai kembali dari Natuna setelah melakukan kunjungan kerja bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang, Senin (23/4). Legislator Partai Golkar itu menegaskan, FIR di Natuna sangat diperlukan untuk memperkuat pengawasan kegiatan di ruang udara perbatasan Indonesia

“FIR Natuna ini harus secepatnya dikuasai oleh Indonesia. Masalah FIR ini tidak hanya menyangkut keselamatan penerbangan saja, tetapi juga menyangkut kedaulatan negara,” ujarnya.

Bamsoet bersama Marsekal Hadi dan Oesman Sapta mengunjungi Natuna menggunakan pesawat VIP TNI AU jenis Boeing 737-400. Pesawat itu dikawal empat jet tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Pesawat VIP TNI AU mendarat di Lanud Raden Sadjad Ranai, Kepulauan Natuna. Turut serta dalam rombongan itu antara lain anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Kapuspen TNI Mayjen Sabrar Fadhilah, Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono serta Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto. 

Bamsoet menjelaskan, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah memprioritaskan pembangunan wilayah perbatasan. Menurutnya, paradigma pembangunan di wilayah perbatasan harus didasari keamanan dan kesejahteraan. 

"Keamanan wilayah Indonesia salah satunya ditentukan kondisi keamanan di wilayah perbatasan. Karena itu, keberadaan pangkalan militer di Natuna, Kepulauan Riau sangat penting. Selain di Natuna, tak menutup kemungkinan kita juga akan bangun dan perkuat pangkalan militer di berbagai pulau terluar wilayah Indonesia," tutur Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR itu mengaku telah melihat masterplan pembangunan pangkalan militer di Natuna yang akan dilengkapi berbagai peralatan tempur super-canggih. Bamsoet mengagumi masterplan yang menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menguatkan sistem pertahanan dan keamanan negara.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, flight information region (FIR) kawasan ruang udara Natuna sangat penting bagi kedaulatan RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News