DPR Investigasi Ledakan Tambang di Sawahlunto

DPR Investigasi Ledakan Tambang di Sawahlunto
DPR Investigasi Ledakan Tambang di Sawahlunto
JAKARTA -- Enam Anggota Komisi VII DPR yang dipimpin oleh Ir H Nizar Dahlan, Sabtu (27/6) melakukan kunjungan kerja ke lokasi ledakan di lubang tambang batubara milik rakyat di Bukit Ngalau Cigak Bukit Bual, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto yang terjadi Selasa (16/6) lalu. "Apa yang telah terjadi di Ngalau Cigak Bukit Bual, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto hingga menelan korban sampai 36 orang bukanlah kejadian biasa. Untuk itu DPR perlu melakukan investigasi terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan bencana tersebut," ujar Nizar Dahlan, di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Jumat (26/6).

Selain menginvestigasi lokasi, delegasi yang dipimpin Nizar Dahlan juga akan meminta keterangan langsung dari PT Bukit Asam selaku pihak yang dahulunya pemegang kuasa tambang Ombilin di Sawahlunto. "Ada dokumen resmi yang kami miliki bahwa tambang dimaksud sesungguhnya sudah lama resmi ditutup," tegasnya.

Dijelaskan Nizar, apapun bentuk temuan Komisi VII DPR di Sawahlunto, selanjutkan akan jadi sikap resmi DPR dan pasti akan ditindaklanjuti oleh anggota DPR berikutnya. Demikian juga halnya jika ditemukan adanya berbagai kelalaian pemerintah daerah baik itu provinsi maupun kota Sawahlunto. "Jika ada kelalaian tersebut mengarah ke tindak pidana, maka DPR akan meminta pihak Mabes Polri untuk segera mengusutnya secara hukum," tegas Nizar.

Kader Partai Bulan Bintang (PBB) itu juga berasumsi salah satu penyebab dari pembiaran penambangan oleh rakyat tersebut tidak bisa dilepaskan dari cara-cara daerah dalam mempertinggi pendapatan asli daerah (PAD). "Gejala tersebut hampir terjadi di seluruh daerah wilayah Indonesia karena meningkatnya PAD dijadikan indikator kesuksesan kepala daerah dalam mengelola wilayahnya. Akibatnya, keselamatan rakyat diabaikan begitu saja," imbuh Nizar Dahlan.

JAKARTA -- Enam Anggota Komisi VII DPR yang dipimpin oleh Ir H Nizar Dahlan, Sabtu (27/6) melakukan kunjungan kerja ke lokasi ledakan di lubang tambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News