DPR: Jangan Semua TKI Dianggap Ilegal

DPR: Jangan Semua TKI Dianggap Ilegal
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, usai memimpin Rapat Paripurna DPR, Kamis (6/7). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Malaysia gencar melakukan razia terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negaranya. Ratusan TKI sudah diamankan.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengingatkan jangan sampai semua TKI dianggap ilegal.

“Jangan sampai terkesan seolah-olah hampir semua TKI kita diuber-uber,” kata Taufik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/7).

Taufik berharap jangan sampai razia TKI ini terus dilakukan. Sebab, ini menyangkut masalah kehormatan warga negara Indonesia di sana.

“Ini kan seolah-olah TKI kita semua illegal dan terkesan diuber-uber,” ujar dia.

Taufik berharap kementerian terkait segera berkoordinasi segera menuntaskan persoalan yang menjerat anak bangsa di luar negeri itu. Memang, ia menambahkan, sejauh ini penanganan persoalan TKI sudah terintegrasi. Namun, kata dia, selama ini terkesan Indonesia masih berada di posisi yang lemah terkait persoalan TKI di luar negeri.

“Makanya saya meminta diselesaikan antara pemerintah Malaysia dan Indonesia. Kemudian, melakukan pembicaraan,” katanya.

Dia juga mengingatkan, supaya TKI yang dikirim ke Malaysia memiliki keterangan. “Jangan sampai mengirim tenaga kerja unskill,” kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.(boy/jpnn


Pemerintah Malaysia gencar melakukan razia terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negaranya. Ratusan TKI sudah diamankan.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News