DPR RI Kritik PSSI Karena Ulah Sekjen, Penilaian Pengamat Cukup Menohok

DPR RI Kritik PSSI Karena Ulah Sekjen, Penilaian Pengamat Cukup Menohok
Ilustrasi PSSI. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria sempat membuat muka Ketua Umum PSSI M Iriawan tertampar di depan para anggota Komisi X DPR RI. Kejadian itu tersaji pada Rapat Dengar Pendapat Umum dengan PSSI pada Rabu (8/4) lalu.

Lantas, bagaimana selayaknya PSSI bertindak melihat kondisi saat Sekjen sempat dinilai Overlaping? Pengamat Sepak Bola M Kusnaeni memberikan penilaian yang menohok.

Selama ini, dia juga merasa bingung dengan tata kelola organisasi di tubuh PSSI, terutama dalam dua tahun belakangan.

"Saya kebetulan S2 Administrasi Publik. Jadi, sudah agak lama bingung melihat tata kelola organisasi sebesar PSSI. Khususnya dalam 1-2 tahun terakhir. Memang ada kesan bahwa Sekjen terlalu dominan dalam organisasi PSSI. Bahkan sedikit melampaui kewenangan yang diberikan oleh Statuta," katanya.

Menurutnya, Sekjen tak perlu dominan dalam urusan external PSSI. Fungsinya lebih ke internal, untuk urusan hubungan ke luar, idealnya yang menjalankan tugas ialah para Exco di PSSI.

"Menurut hemat saya, Sekjen itu tugas utamanya adalah mensupport dan melayani Exco yang dipimpin oleh Ketum. Jadi, tugas Sekjen ini lebih ke internal. Secara eksternal, Exco yang harus lebih dikedepankan," tutur pria yang memiliki nama beken Bung Kus itu.

Bahkan, kondisi ini sejatinya sudah dipahami oleh Ketua Umum yang akrab dipanggil Iwan Bule tersebut. Apalagi, selama ini mantan Wakapolri itu duduk di posisi Sekretaris Utama Lemhanas.

"Saya yakin pak Iwan Bule juga memahami kontradiksi ini. Apalagi dia kan sebelumnya Sekretaris Utama Lemhannas. Jadi, paham betul tugas dan fungsi kesekjenan," tandasnya.

Sayang, saat Ketum PSSI dikonfirmasi perihal pengamatan dari Bung Kus, tak ada jawaban yang diberikan. Pesan yang dikirimkan via Whatsapp belum dibalas meskipun posisinya sedang online.

Sebelumnya, PSSI sempat dikritik oleh anggota Komisi X Djohar Arifin yang merasa diabaikan dan tak diperhatikan oleh PSSI meskipun dapat undangan resmi untuk menyaksikan laga Timnas di SEA Games 2019 Filipina.

Kemudian, PSSI juga dikritik karena tak ada inisiatif untuk melakukan rapat dengan wakil rakyat, malah menunggu diundang.(dkk/jpnn)

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria sempat membuat muka Ketua Umum PSSI M Iriawan tertampar di depan para anggota Komisi X DPR RI.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News