DPR RI: Mentan Amran Kerjanya Fokus, Hasilnya Nyata

DPR RI: Mentan Amran Kerjanya Fokus, Hasilnya Nyata
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi memimpin rombongan Komisi IV DPR melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/7). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Membangun pertanian memerlukan strategi yang tepat, fokus menyelesaikan masalah mendasar dan konsisten sesuai pentahapan pembangunan. Itulah yang dilakukan Kementerian Pertanian pada Era Jokowi-JK.

Sejumlah anggota Komisi IV DPR menilai kepemimpinan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berhasil. Mereka menilai Mentan Amran telah fokus mewujudkan swawembada pangan komoditas padi, jagung, cabai, bawang merah, sapi, kedelai dan lainnya serta meningkatkan kesejahteraan petani.

“Iya kerjanya fokus dan tuntas menyelesaikan masalah mendasar. Era pertanian saat ini hasilnya kelihatan,” demikian diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi saat memimpin rombongan kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/7).

“Ini hasilnya dua tahun terakhir saat hari besar keagamaan, pasokan pangan cukup dan harga stabil, ini belum pernah terjadi waktu lalu,” ungkap Yoga.

Menurutnya, produksi pangan meningkat karena dibangun infrastruktur irigasi, lahan, alat alat pertanian. Juga benih, pupuk dibenahi.

“Ada terobosan asuransi pertanian dan menyelesaikan masalah tata niaga pangan. Bentuk-bentuk perlindungan petani seperti ini perlu terus ditingkatkan,” pintanya.

Lebih lanjut, Viva mengatakan pada lokasi tanam cabai di Kendal ini sudah berjalan bagus, produksi cukup, kinerjanya masih bisa ditingkatkan pasca panen, pengolahan dan tata niaganya sehingga petani sejahtera dan konsumen menikmati harga wajar.

Anggota Komisi IV DPR RI Fadholi menambahkan agar pertanian lebih maju, untuk Kabupaten Kendal perlu pengembangan kopi dengan pendampingan pengolahan pasca-panen, di samping aspek bibit dam budidayanya. “Buah buahan jambu biji juga potensial untuk dikembangkan hingga industri hilir dan pasarnya,” ucapnya.

Kepemimpinan Mentan Andi Amran Sulaiman telah fokus mewujudkan swawembada pangan untuk komoditas padi, jagung, cabai, bawang merah, sapi, kedelai dan lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News