DPR RI: Tunda Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I PPPK Guru Honorer

DPR RI: Tunda Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I PPPK Guru Honorer
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Foto: Dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Munculnya berbagai masalah dalam seleksi tahap I Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sejuta guru banyak dikeluhkan guru honorer di seluruh tanah air.

Pengumuman seleksi tahap I pun diminta untuk ditunda demi memastikan adanya penambahan afirmasi bagi guru honorer senior.

“Kami meminta agar rencana pengumuman hasil seleksi PPPK untuk Guru Honorer tahap I hari Jumat (24/9/2021) sebaiknya ditunda hingga adanya kepastian besaran tambahan poin afirmasi bagi para guru honorer dalam seleksi-seleksi selanjutnya,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Huda menjelaskan seleksi PPPK tahap I untuk sejuta guru honorer memunculkan berbagai masalah yang diprotes oleh mayoritas guru di tanah air. Berbagai permasalahan tersebut di antaranya terjadi kesimpangsiuran standar prosedur terkait jadwal dan perlengkapan yang dikeluarkan oleh pelaksana pusat.

“Kondisi ini berakibat banyak peserta tidak dapat mengikuti ujian seleksi PPPK dan perbedaan perlakukan kepada peserta ujian akibat kebijakan yang tidak konsisten,” ujar Huda.

Permasalahan kedua, kata Huda tidak selarasnya kisi-kisi dari Kemendikbud Ristek RI untuk dipelajari guru honorer sebelum ikut seleksi dengan materi soal yang diujikan. Akibatnya, persiapan teknis yang dilakukan guru honorer peserta seleksi PPPK tidak banyak berarti.

“Kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek untuk bahan latihan bagi para guru sebelum ikut seleksi sangat jauh melenceng dari materi soal yang diujikan ke peserta PPPK. Akibatnya banyak yang merasa kisi-kisi itu mubazir saja,” katanya.

Rasio tingkat kesulitan soal dengan jumlah soal 100 dengan durasi waktu 120 menit, lanjut Huda juga  sangat jauh dari kata proporsional. Terutama untuk soal-soal dengan pendekatan HOTS (high order thinking skills), yang membutuhkan waktu lebih untuk penalaran.

DPR RI meminta untuk tunda pengumuman hasil seleksi tahap I PPPK guru honorer, begini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News