DPR Segera Bahas Masa Depan NAMRU

Pekan Depan Panggil Menkes

DPR Segera Bahas Masa Depan NAMRU
Anggota DPR Komisi I saat mengunjungi Naval Medical Research Unit 2 (NAMRU-2) di Jakarta, kemarin. F-IWAN UNGSI/JAWA POS

jpnn.com - JAKARTA – Keberadaan Naval Medical Research Unit 2 (NAMRU-2) yang sempat menimbulkan berbagai polemik kembali dibahas. Ini menyusul kunjungan yang dilakukan oleh 20 anggota DPR Komisi I mengunjungi fasilitas yang terletak di komplek Litbang Kesehatan ini.

Kunjungan tersebut diharapkan menepis berbagai tudingan selama ini yang berkembang dimasyarakat mengenai aktifitas yang dilakukan oleh lembaga yang bertujuan untuk melakukan penelitian medis. Pernyataan-pernyataan anggota parlemen juga mengisyarakatkan agar pemerintah segera memperbarui perjanjian dengan NAMRU-2.

Dubes AS untuk Indonesia Cameron R. Hume mengemukakan bahwa kunjungan yang dilakukan oleh anggota parlemen itu merupakan yang pertama kali. “Kunjungan ini merupakan peluang untuk melihat bagaimana NAMRU-2 beroperasi secara transparan dan sebagai bagian dari perjanjian dengan pemerintah Indonesia,” ujarnya dalam sambutannya dalam kunjungan yang dilakukan DPR Rabu (18/6).

Cameron mengakui bahwa sudah terjadi banyak diskusi mengenai keberadaan NAMRU-2 di parlemen, tapi kunjungan tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan oleh anggota-anggota DPR tersebut. “Kini mereka akan pertama kali melihat yang seringkali mereka diskusikan itu,” paparnya.           

Sebelumnya fasilitas medis itu juga dikunjungi oleh anggota lintas departemen yang terlibat dalam tim negosiasi NAMRU-2. Kemudian, kurang lebih 40 wartawan dari Indonesia dan manca negara diberi kesempatan melihat fasilitas tersebut.

Ketua Komisi I DPR-RI Theo L Sambuaga mengatakan bahwa kedatangan anggota dewan ke NAMRU-2 adalah melihat keadaan di lapangan termasuk kegiatan di laboratorium medis itu.

Langkah ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi dan masukan kebijakan terhadap pemerintah menyangkut masa depan NAMRU yang akan dibahas pekan depan bersama menteri terkait.

 “Minggu depan Komisi I akan mengadakan hearing dengan Menkes, Menlu, Menhan, dan Menristek untuk membuat kebijakan dan membahas permasalahan yang terjadi,” paparnya.

JAKARTA – Keberadaan Naval Medical Research Unit 2 (NAMRU-2) yang sempat menimbulkan berbagai polemik kembali dibahas. Ini menyusul kunjungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News