DPR Terbitkan Buku Melancong ke LN

DPR Terbitkan Buku Melancong ke LN
DPR Terbitkan Buku Melancong ke LN
JAKARTA - Badan Kerjasama antar Parlemen (BKSAP) DPR RI periode 2004-2009 mewariskan pengalaman perjalanan Anggota DPR ke luar negeri lima tahun belakang kepada Anggota DPR periode 2009-2014 melalui sebuah buku berjudul 'Dari Senayan ke Kancah Global'.

"Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi Anggota DPR periode 2009-2014 dalam melaksanakan tugas ke luar negeri sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab Anggota DPR kepada rakyat," ujar Ketua BKSAP Abdillah Toha dalam acara peluncuran buku tersebut di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Kamis (13/8).

Dia mengakui, buku ini pada dasarnya memang jauh dari sempurna. Tapi ada beberapa substansi dari ini yang bisa digunakan sebagai referensi penelitian DPR RI mendatang sebagai pengawal cita-cita DPR untuk mewujudkan Parlemen Asia yang berkualitas seperti layaknya Parlemen Uni Eropa.

Selama ini, mungkin belum banyak yang tahu tentang kiprah DPR dalam memantapkan hubungan Indonesia dengan negara-negara di luar negeri. Diplomasi yang dibangun parlemen sesungguhnya dapat menopang diplomasi pemerintah. Namun, sifat diplomasi parlemen dinilai lebih terbuka dibandingkan diplomasi pemerintah. "Diplomasi eksekutif itu ibarat diplomasi priyayi. Sedangkan kalau diplomasi legislatif itu diplomasi rakyat jelata," ujar politisi asal FPAN itu.

JAKARTA - Badan Kerjasama antar Parlemen (BKSAP) DPR RI periode 2004-2009 mewariskan pengalaman perjalanan Anggota DPR ke luar negeri lima tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News