DPR Tolak Penggunaan Cadangan APBN

Untuk Talangi Likuiditas Perbankan

DPR Tolak Penggunaan Cadangan APBN
DPR Tolak Penggunaan Cadangan APBN
JAKARTA - Tiga anggota Fraksi DPR RI, masing-masing Rama Pratama (FPKS), Hasto Kristiyanto (FPDIP) dan Harry Azhar Aziz (FP Golkar) secara tegas menolak penggunaan dana cadangan sebanyak Rp 100 triliun dalam APBN 2009 untuk bantuan likuiditas dunia perbankan di Indonesia.

"Sebaiknya dana tersebut digunakan untuk menjamin produksi dalam negeri dan memperluas pasar domestik karena pasar ekspor Amerika dan Eropah saat ini tengah mengalami krisis finansial," ujar Rama Pratama, saat diskusi bertema "Politik APBN Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Menciptakan Stimulus Perekonomian Rakyat", di press room DPR, Selasa (25/11).

Selain itu, Rama juga memperingatkan pemerintah agat tidak melulu merumuskan berbagai penyelesaian kesulitan bangsa ini dengan pendekatan bantuan finasial. Berbagai kebijakan yang mendorong lebih terbukanya pasar domestik jauh lebih bernilai ketimbang bantuan finansial, ujarnya.

Menurut Rama, yang juga anggota Komisi XI DPR itu, karakter krisis ekonomi 1998 berbeda dengan karakter krisis ekonomi 2008 ini. Krisis ekonomi 1998, pasar ekspor Indonesia seperti Amerika dan Eropa tidak mengalami gangguan. Sementara krisis finansial 2008 ini memukul telak pasar ekspor Indonesia di dua benua tersebut.

JAKARTA - Tiga anggota Fraksi DPR RI, masing-masing Rama Pratama (FPKS), Hasto Kristiyanto (FPDIP) dan Harry Azhar Aziz (FP Golkar) secara tegas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News