DPR: Ungkap Dalang di Balik Isu Minahasa Raya Merdeka

DPR: Ungkap Dalang di Balik Isu Minahasa Raya Merdeka
Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. FOTO: Dok. Fraksi PKS DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari masih penasaran dengan munculnya isu Minahasa Raya Merdeka bersamaan dengan pembelaan terhadap terdakwa penodaan agama Basuki T Purnama (Ahok) di Manado, Sulawesi Utara.

Politikus PKS itu menyatakan setiap gerakan maupun benih-benih separatisme yang mengancam keutuhan bangsa dan wilayah NKRI, perlu disikapi oleh pemerintah secara jelas dan tegas. Sehingga isu Minahasa Raya Merdeka tidak menular ke wilayah lain menjadi gerkan yang massif.

"Aparat keamanan, dalam hal ini TNI, Polri, dan BIN perlu cepat mengungkap secasa jelas siapa pihak di belakang munculnya isu yang menuntut referendum untuk lepasnya wilayah Minahasa Sulawesi Utara dari NKRI," ujar Kharis melalui pesan singkat, Rabu (17/5).

Pihaknya menduga isu tersebut sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak separatis Minahasa Raya Merdeka, dengan memanfaatkan sentimen masyarakat yang tidak puas dengan vonis pengadilan terhadap kasus Ahok.(fat/jpnn)


Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari masih penasaran dengan munculnya isu Minahasa Raya Merdeka bersamaan dengan pembelaan terhadap terdakwa


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News