DPRD DKI Siapkan Rapim Matangkan HMP ke Ahok

DPRD DKI Siapkan Rapim Matangkan HMP ke Ahok
DPRD DKI Siapkan Rapim Matangkan HMP ke Ahok

jpnn.com - JAKARTA - DPRD DKI berencana rapat pimpinan (rapim) Selasa depan agenda pembahasan akhir tentang penggunaan hak menyatakan pendapat (HMP) terhadap Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok. Menurut anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Prabowo Soenirman, rapim itu digelar karena syarat menggunakan HMP sudah terpenuhi.

"Kami jalan terus dan Selasa depan (14/4) kami rapim (rapat pimpinan) untuk menentukan paripurna HMP," kata Prabowo melalui pesan singkat ke wartawan, Kamis (9/4).

Prabowo mengatakan, syarat penggunaan HMP minimal 20 anggota DPRD dari setidaknya dua fraksi sudah terpenuhi. “Yang sudah tanda tangan 40 orang lebih," ujarnya.

Prabowo tidak mempermasalahkan jika Ahok menolak meminta maaf ke DPRD. "Soal Ahok tidak mau minta maaf itu hak dia dan buat kami tidak urgen," tandasnya.

Seperti diketahui, panitia hak angket DPRD DKI menyimpulkan bahwa Ahok melakukan pelanggaran. Yakni, pelanggaran terhadap undang-undang karena mengirimkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI bukan kesepakatan bersama antara eksekutif dengan DPRD. Kemudian, Ahok juga melanggar etika.

Meski disimpulkan melakukan pelanggaran dan disarankan untuk menyampaikan permintaan maaf, Ahok tidak mau meminta maaf. Karena, dia merasa tidak melakukan kesalahan. Sebaliknya, mantan Bupati Belitung Timur itu menantang DPRD DKI untuk mengajukan HMP. (gil/jpnn)


JAKARTA - DPRD DKI berencana rapat pimpinan (rapim) Selasa depan agenda pembahasan akhir tentang penggunaan hak menyatakan pendapat (HMP) terhadap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News