DPRD NTT Tercepat Habiskan Uang

DPRD NTT Tercepat Habiskan Uang
Gubernur NTT Frans Lebu Raya. FOTO: Timor Ekspress/JPNN.com

jpnn.com - KUPANG – Sekretariat DPRD Provinsi NTT dalam tahun anggaran 2015 telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 67,4 miliar dari pagu anggaran sebesar Rp 69,1 miliar atau sebesar 97,49 persen. Realisasi lembaga yang diduduki 65 anggota DPRD itu tercatat sebagai yang paling tinggi untuk kategori SKPD dengan pagu anggaran di atas Rp 50 miliar.

Hal ini berbanding terbalik dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) NTT dan RSUD Prof.W.Z Yohannes Kupang yang hanya mencapai realisasi 63 persen. RSUD Yohannes hanya menghabiskan dana Rp 150,9 miliar dari pagu Rp 236,2 miliar. Sementara Distanbun baru merealisasi Rp 42,6 miliar dari pagu Rp 67,1 miliar.

Untuk kategori SKPD dengan pagu di atas Rp 20 miliar sampai Rp 50 miliar, Disnakertrans menempati urutan pertama dengan realisasi 86,96 persen dari pagu Rp 22,3 miliar. Sementara Dinas Pertambangan dan Energi berada di urutan paling bawah dengan realisasi 58,73 persen dari pagu sebesar Rp 24,7 miliar.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menempati urutan pertama untuk kategori pagu Rp 10 miliar sampai dengan Rp 20 miliar dengan realisasi 96,17 persen dari pagu Rp 18 miliar. Sementara Biro Keuangan Setda NTT dengan pagu Rp 18,2 miliar baru merealisasi 77,66 persen.

Khusus kategori SKPD dengan pagu di bawah Rp 10 miliar, Biro Administrasi Pemerintahan (AP) Setda NTT sudah merealisasi 95,26 persen dari pagu Rp 4 miliar. Ironisnya, Biro Humas Setda NTT justeru menempati posisi paling bawah dengan realisasi 58,47 persen dari pagu Rp 7,1 miliar.

Di tingkat nasional, hasil evaluasi Kantor Staf Presiden (KSP) menyebutkan, Provinsi NTT berada di peringkat enam di bawah Provinsi Gorontalo, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Gorontalo dengan realisasi 87 persen, sementara NTT mencapai 79 persen. Di sisi lain, realisasi fisik sudah mencapai 95 persen.

Kepala Biro AP, Ferdy Kapitan, mengungkapkan, hasil evaluasi tersebut telah dibahas bersama Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.

Menurut dia, hasil hitung tersebut per 15 Desember. Dan, sejumlah SKPD sudah mengklarifikasi bahwa sebelum akhir tahun, realisasi anggaran akan lebih baik dari data tersebut.

KUPANG – Sekretariat DPRD Provinsi NTT dalam tahun anggaran 2015 telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 67,4 miliar dari pagu anggaran sebesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News