DPT Bermasalah, Bukti Kerjasama Penyelenggara Pemilu Lemah

DPT Bermasalah, Bukti Kerjasama Penyelenggara Pemilu Lemah
DPT Bermasalah, Bukti Kerjasama Penyelenggara Pemilu Lemah

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli Juwaini mengatakan seharusnya KPU, Bawaslu, dan Kemendagri bisa bekerjasama menyelesaikan permasalahan DPT sebelum ditetapkan.

"Karena tidak ada kerjasama sesuai dengan tahapan yang disepakati, ujung-ujungnya muncul permasalahan baru berupa saling klaim keakuratan DPT yang akan ditetapkan KPU," kata Jazuli Juwaini, di Jakarta, Kamis (12/9).

Seharusnya menusut Jazuli, antar-instansi mengedepankan rasa tanggung jawab dan bekerjasama serta saling membantu, karena DPT terkait langsung dengan kualitas Pemilu ke depan.

"Kita ingin Pemilu ke depan lebih berkualitas dan syaratnya dua (KPU dan Bawaslu), penyelenggara yang profesional dan independen serta data yang akurat yang menjadi tanggungjawab Kementrian Dalam Negeri," ujar Jazuli.

Ketua DPP PKS ini menyarankan, dengan realitas yang ada sekarang dimana ditemukan disparitas data yang demikian besar, tidak ada pilihan lain kecuali menunda penetapan DPT.

"Tidak mungkin DPT ditetapkan jika disparitasnya sangat tinggi. Jadi saya usulkan penetapan DPT ditunda saja," saran Jazuli. (fas/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli Juwaini mengatakan seharusnya KPU, Bawaslu, dan Kemendagri bisa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News