'Drawing' Grup PD 2010 Tuntas

Afsel dan Brasil di Grup Berat, Argentina dan Inggris Puas

'Drawing' Grup PD 2010 Tuntas
BERES - David Beckham tampak tersenyum, saat Sekjen FIFA Jerome Valcke yang didampingi 'co-host' aktris Charlize Theron, memperlihatkan nama tim Inggris yang baru saja tercabut dari bola undian, di lokasi drawing Piala Dunia 2010, di Cape Town, Afsel, Sabtu (5/12) dinihari WIB. Foto: Alex Grimm/Bongarts/Getty Images.
CAPE TOWN - Hanya dalam waktu sekitar setengah jam, gambaran partai-partai awal di putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afsel mendatang, yang akan dimulai sejak 11 Juni, jelas sudah. Pembagian grup untuk ajang yang ditunggu-tunggu itu beres dilakukan, Sabtu dinihari WIB, lewat prosesi undian (drawing) yang digelar di Cape Town International Convention Centre (CTICC), Jumat (4/12) malam.

Lewat hasil drawing itu, beberapa tim bisa dikatakan merasa cukup puas, sementara beberapa lainnya mungkin harus lebih 'waspada' karena berada pada grup yang tidak ringan - atau justru benar-benar berat alias di 'grup neraka'. Pihak FIFA sendiri, lewat rangkuman hasil drawing di situsnya, tampak tidak mau berlebihan menyebut grup mana yang berat (simak daftar lengkap di bagian bawah tulisan ini, Red).

Namun begitu, FIFA tak pelak memberi sedikit catatan, misalnya terhadap grup C yang dihuni Inggris, AS, Aljazair dan Slovenia, terutama karena disatukan kembalinya Inggris-AS dalam satu grup (seperti kenangan PD 1950 lalu). Demikian juga dengan grup D, yang disebut bakal terpaksa menjadi 'kuburan' bagi dua tim menarik, karena diisi empat tim yang pada dasarnya punya akar sepakbola kuat, yakni Jerman, Australia, Serbia dan Ghana.

Sementara sebaliknya, sejumlah pengamat memandang bahwa grup-grup yang berat itu antara lain adalah yang dihuni oleh Argentina (grup B), demikian juga Belanda (E), lalu Brasil (G), serta tuan rumah Afsel sendiri (grup A). Argentina di grupnya ditemani oleh Nigeria, serta Korsel dan Yunani, sementara Belanda akan bertarung bersama Denmark, Jepang dan Kamerun.

CAPE TOWN - Hanya dalam waktu sekitar setengah jam, gambaran partai-partai awal di putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afsel mendatang, yang akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News