Dua Daerah Ini Menarik Seluruh Formasi PPPK Guru 2022, Batal Buka Lowongan, Astaga!

Dua Daerah Ini Menarik Seluruh Formasi PPPK Guru 2022, Batal Buka Lowongan, Astaga!
Kemendikbudristek mengungkapkan sejumlah daerah mengundurkan diri dalam seleksi PPPK guru 2022. Bahkan ada dua daerah yang batal buka seleksi PPPK guru 2022 alias batal buka lowongan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengungkapkan sejumlah daerah mengundurkan diri dalam seleksi PPPK guru 2022.

Ada yang menarik sebagian, tetapi dua daerah malah mundur dari seleksi PPPK 2022.

"Per 2 November 2022, ada dua daerah yang mundur, yaitu Kabupaten Brebes dan Jayawijaya," kata Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi X DPR, Jumat (4/11).

Dia mengungkapkan dua kabupaten itu sebenarnya memiliki guru lulus PG dan mengusulkan formasi PPPK 2022. Sayangnya di detik-detik terakhir malah membatalkan membuka rekrutmen.

Dia mencontohkan Kabupaten Brebes memiliki pelamar prioritas satu (P1) atau guru lulus passing grade (PG) sebanyak 587. Dari jumlah tersebut yang tersedia formasi sebanyak 538 dan yang tidak tersedia formasi 14.

"Sebenarnya guru lulus PG yang tidak mendapatkan formasi PPPK guru 2022 di Kabupaten Brebes hanya 35," ujar Nunuk. 

Namun, dengan ditariknya seluruh formasi PPPK 2022, Nunuk mengatakan 587 guru honorer di Kabupaten Brebes menangis lagi. Ironisnya, 538 formasi pelamar P1 kehilangan kesempatan penempatan PPPK 2022.

Selain dua kabupaten itu, Nunuk mengungkapkan cukup banyak pemda tidak membuka formasi sesuai dengan kebutuhan.

Ada daerah yang menarik seluruh formasi PPPK guru 2022. Keduanya batal membuka lowongan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News