Selasa, 21 Agustus 2018 – 10:45 WIB

Dua Jalur Penerimaan Siswa Baru

Rabu, 13 Juni 2018 – 00:14 WIB
Dua Jalur Penerimaan Siswa Baru - JPNN.COM

SMA dan SMK favorit di Manado, Sulut, dipastikan bakal banjir pendaftar. Pasalnya, tahun ini ada 8.127 siswa SMP sederajat dinyatakan lulus.

Sejumlah sekolah telah menetapkan kuota sementara sambil menunggu petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut.

“Data untuk PPDB tunggu petunjuk langsung Dikda karena kami hanya memasukkan ruangan belajar yang layak digunakan. Sekira 20 ruangan belajar dengan kapasitas 32-34 siswa per ruangan,” ujar Kepala SMK Negeri 1 Manado Drs Moodie Lumintang MPd, seperti diberitakan Manado Post (Jawa Pos Group).

Sementara di SMA Negeri 1 Manado, 11 ruangan belajar layak digunakan. “Sudah kita usulkan. Bisa bertambah jika Dikda menambah ruang kelas baru dan SDM. Kita saat ini kekurangan SDM,” aku Kepala SMA N 1 Manado Dra Sherly kalangi MSi.

Terpisah, Kepala Dikda Sulut Grace Punuh mengatakan, untuk penerimaan siswa baru ini menggunakan sistem zonasi. “Pendaftaran gratis menggunakan sistem zonasi dengan presentase luar sekolah sebesar lima persen,” katanya.

Mantan Kadis Sosial Sulut ini menjelaskan, ada dua jalur yang dibuka. Jalur khusus dan regular. “Jalur khusus ada tiga. Jalur ramah lingkungan 40 persen, anak PTK 5 persen, dan prestasi 5 persen.

Sementara jalur regular berdasarkan perankingan nilai akhir yang merupakan penjumlahan nilai UN pada jenjang SMP/MTs sederajat,” tukasnya.

Menurut pengamat pendidikan Sulut Dr Ramon Tumiwa, zonasi menguntungkan ketika setiap sekolah memiliki kualitas merata. "

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar