Dua Jam Jalan Kaki untuk Cari Sinyal Internet

Dua Jam Jalan Kaki untuk Cari Sinyal Internet
PRIHATIN: Peserta program SM-3T Rafika (tengah) yang mengajar di SDN Maralol, Sorong, mengutarakan pengalamannya di hadapan Mendikbud M. Nuh. Foto: Hilmi Setiawan/Jawa Pos

PESERTA program sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM-3T) yang bertugas di Sorong, Papua Barat, mendapatkan pengalaman mengesankan. Para sarjana fresh graduate itu tidak menyangka akan mengajar di kawasan yang benar-benar terasing dari dunia luar.
------------
Hilmi Setiawan, Sorong
------------
Perjalanan menuju SD-SMP Negeri Satu Atap Ninjemor di Distrik/Kecamatan Moi Segen harus ditempuh dalam 3–4 jam dari jantung Kota Sorong. Sebagian besar jalannya tanah berdebu. Maklum, jalan tersebut selama ini menjadi sarana utama bagi lalu lintas kendaraan perusahaan minyak PetroChina yang mengeksplorasi kawasan di situ.

Di salah satu sisi jalan membentang sangat panjang pipa milik perusahaan kilang minyak dan gas bumi itu. Meski demikian, hamparan hutan hijau masih menghiasai kawasan di kanan kiri jalan.

Sekolah satu atap itu berlokasi di kawasan terpencil dan terasing. Penduduknya sangat sedikit. Karena itu, tidak heran jumlah muridnya tidak banyak. Untuk jenjang SD, hanya ada 71 anak, mulai kelas 1 hingga kelas 6.

Untuk SMP, kelas satu hanya memiliki empat murid, kelas dua hanya delapan anak. Sekolah ini belum memiliki kelas tiga sehingga belum ada murid kelas terakhir.

Jumlah ruang kelasnya juga terbatas. Proses belajar mengajar untuk SD dilakukan di tiga unit kelas. Itu berarti satu ruang dipakai untuk dua jenjang kelas. Begitu pula untuk jenjang SMP, murid kelas 1 dan 2 belajar dalam satu ruang dalam jam pelajaran yang sama. Mereka hanya dipisahkan oleh sebuah lemari buku.

Rabu siang itu (8/5) Mendikbud Mohammad Nuh beserta rombongan dari Jakarta menyempatkan diri untuk meninjau program SM-3T di pedalaman Sorong tersebut. Di sekolah Satu Atap Ninjemor terdapat tiga guru peserta program SM-3T. Mereka adalah Ardiansyah, Ratih Pratiwi, dan Sartika. Mereka alumnus Universitas Negeri Makassar (UNM). Mereka merupakan bagian dari 35 sarjana pendidikan peserta SM-3T yang disebar ke penjuru Kabupaten Sorong.

Saat M. Nuh tiba di kompleks SD-SMP Satu Atap Ninjemor, tampak Ardiansyah sedang asyik mengajarkan mata pelajaran IPA di kelas 2 SMP. Materi yang diajarkan tumbuhan dikotil (biji berkeping dua) dan monokotil (biji berkeping satu). Agar pelajarannya cepat ditangkap siswa, Ardiansyah tidak lupa membawa contoh tumbuhan dikotil dan monokotil.

’’Mari kita belajar apa itu tumbuhan monokotil dan apa itu tumbuhan dikotil,’’ kata remaja kelahiran Bone, 7 Juli 1988, itu.

PESERTA program sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM-3T) yang bertugas di Sorong, Papua Barat, mendapatkan pengalaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News