Dua Pekan Lagi Pilkada Serentak di 101 Daerah

Dua Pekan Lagi Pilkada Serentak di 101 Daerah
Kotak suara untuk pilkada 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 yang digelar serentak di 101 daerah.

Rakornas yang dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (31/1), dihadiri sejumlah kepala daerah, penyelenggara dan pengawas pemilu, serta petinggi TNI/Polri di daerah.

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, kegiatan kali ini penting untuk menyamakan persepsi, dua minggu jelang pemungutan suara pilkada serentak, 15 Februari mendatang.

‎"‎Menyamakan persepsi untuk menjamin pilkada sukses. Kami kumpulkan, untuk mereview, mana-mana daerah yang dianggap ada gelagat dan dinamika (jelang pilkada kurang baik,red)," ujar Tjahjo usai memberi sambutan.

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan mengatakan, Rakornas juga penting untuk meneguhkan kembali komitmen berbagai elemen yang ada, untuk menyukseskan pilkada.

"Kalau (pilkada,red) berlangsung aman, maka partisipasi ‎masyarakat maksimal, sehingga target KPU (tingkat partisipasi masyarakat,red) di atas 77 persen bisa tercapai, " ucap Tjahjo.

‎Selain itu, mantan anggota DPR ini juga menilai, Rakornas penting untuk kembali meneguhkan komitmen penyelenggara, pejabat pemerintah di daerah maupun aparat keamanan, untuk bersikap netral selama pilkada.

"Netralitas juga penting, dan tidak ada politik uang. Itu prinsip. Rakornas kami gelar untuk memfokuskan yang tinggal dua minggu, apakah ada pergeseran, area rawan pilkada atau tidak," pungkas Tjahjo.(gir/jpnn)


Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 yang digelar serentak


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News