Dua Pelajar Kaltim Wakili Indonesia

Ikuti International Conference of Young Scientists di Rusia

Dua Pelajar Kaltim Wakili Indonesia
Dua Pelajar Kaltim Wakili Indonesia
BONTANG – Ganang Albryansyah, pelajar SMP 1 Bontang menjadi wakil Indonesia di ajang International Conference of Young Scientists (ICYS) di Rusia. Hasil ini diperoleh setelah ia lolos seleksi nasional yang dilaksanakan pada 15-16 Desember lalu di Galeri Ciumbuleuit, Bandung. Ia diuji oleh empat dewan juri seleksi nasional ICYS 2011.

Sebelumnya, pelajar SMP 1 Bontang ini menjadi juara regional Kalimantan yang dilaksanakan Sabtu (4/12) lalu di Pendopo Wali Kota Bontang. Bersama 13 pelajar lainnya, Ganang akan melakoni perlombaan di negara Beruang Merah tersebut untuk beradu karya bersama puluhan pelajar dari berbagai negara lain. Pada seleksi nasional lalu, Ganang dinyatakan lolos bersama 12 pelajar lain se-Indonesia.

Selain Ganang dari Bontang, pelajar Kaltim lain yang berangkat di kompetisi tersebut adalah Arief Ridho Kusuma, siswa SMA 1 Samarinda dengan judul penelitian All Forms of Dimension Explained by Physics di bidang Fisika. ICYS merupakan lomba penelitian ilmiah remaja bergengsi tingkat dunia di bidang ilmu Fisika, Matematika, Komputer, dan Ekologi.

Dari semua persentasi, karya SMP 1 dinilai terbaik. Para peserta sebelumnya dicecar banyak pertanyaan oleh tim juri saat siswa mempresentasikan hasil penelitiannya selama kurang lebih 10 menit dan 15 menit sesi tanya-jawab. Tim juri terdiri dari tiga peneliti. Untuk tahun ini, pihak panitia dan juri mengaku proyek penelitian yang masuk cukup variatif. Berbagai bahan di sekitar dijadikan alternatif bahan bakar, seperti serbuk bambu, sampah pasar, kotoran manusia, kulit pisang, kotoran kerbau, ikan tauman, jarak pagar, dan sebagainya.

BONTANG – Ganang Albryansyah, pelajar SMP 1 Bontang menjadi wakil Indonesia di ajang International Conference of Young Scientists (ICYS) di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News