Dua Pentolan Ormas Masuk Daftar Buron

Dua Pentolan Ormas Masuk Daftar Buron
Dua Pentolan Ormas Masuk Daftar Buron

jpnn.com - SLAWI - Pimpinan organisasi masyarakat (Ormas) Penerus Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPPKRI) Bela Negara yang bermarkas di Jalan Raya Balamoa-Kalikangkung Kecamatan Pangkah, Slawi, Jateng, saat ini masih buron.

Pimpinan itu bernama, Joni Gunawan selaku pembina dan Sholeh selaku ketua ormas.

"Saat kami grebek kemarin (Rabu 26/2), mereka kabur," kata Kapolres Tegal AKBP Tommy Wibisono didampingi Kasatreskrim AKP Yusi Andi Sukmana, Kamis (27/2).

Penggerebekan dilakukan oleh Polri dan TNI. Penggerebekan dilatarbelakangi karena mereka dinilai meresahkan masyarakat. Dalam beraktivitas, para anggota ini berpenampilan mirip tentara. Saat ini, 21 anggota ormas tersebut, sudah diamankan di Mapolres Tegal.

Menurut Yusi, mereka dalam penyidikan. Yusi juga mengaku akan terus mengusut tuntas dugaan pelanggaran maupun unsur pidana yang dilakukan oleh pengurus maupun anggota ormas tersebut.

Sebab, dari 21 orang yang diamankan, ada 12 pelaku yang terbukti ikut menghalang-halangi operasi lalu lintas yang dilakukan Satlantas dan Dinas Perhubungan beberapa waktu lalu.

"Dari hasil penyelidikan, kami sudah menemukan bukti sejumlah kuitansi pembayaran dengan nominal Rp 1 juta untuk keperluan perekrutan pegawai negara," jelasnya.

Tapi uang tersebut kini berada di tangan pucuk pimpinan ormas yang saat ini masih buron. Sesuai pengakuan dari anggota itu, kata Yusi, uang tersebut disetorkan ke pusat. Jumlah yang disetorkan bervariasi. Mulai dari Rp 10 juta, sampai Rp 35 juta.

SLAWI - Pimpinan organisasi masyarakat (Ormas) Penerus Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPPKRI) Bela Negara yang bermarkas di Jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News