Dua Pilkada Serentak Antar 247 Kader PDIP Pimpin Daerah

Dua Pilkada Serentak Antar 247 Kader PDIP Pimpin Daerah
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - PDI Perjuangan cukup puas dengan hasil pilkada serentak 2017. Sebab, pilkada serentak yang digelar pada 15 Februari 2017 telah menambah panjang daftar kepala daerah yang berasal dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, saat ini sudah 247 kader partainya yang menjadi kepala daerah ataupun wakilnya. Pada pilkada 2015 saja, PDIP sudah mengantar 197 kadernya sebagai eksekutif di daerah. Jumlah itu terdiri dari  105 kepala daerah dan 92 wakil kepala daerah.

Sedangkan pada pilkada 2017, PDIP menang di 54 daerah.  "Dari 54 daerah, kader PDIP yang berhasil menduduki jabatan sebagai kepala daerah sebanyak 24 orang dan sebagai wakil kepala daerah sebanyak 26 daerah. Dengan demikian total kader sendiri sebanyak 50 orang," tutur Hasto melalui siaran pers ke media, Minggu (26/2).

Pada pilkada 2017, PDIP juga mengusung kadernya tanpa berkoalisi di 26 daerah. Namun, hal yang paling dibanggakan Hasto dari hasil pilkada 2017 adalah meluasnya basis PDIP.

Yang paling mencolok adalah kemenangan di seluruh pilkada Papua Barat dan enam pilkada di Nangroe Aceh Darussalam (NAD). "Untuk pertama kalinya PDI Perjuangan berhasil mendudukkan kadernya sebagai bupati di tiga kabupaten, mendukung dua calon bupati dan menjadi mendukung aktif gubernur dan wagub terpilih Provinsi Aceh sangatlah menggembirakan, " ucap Hasto.

Merujuk pada pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Hasto menegaskan bahwa semakin banyaknya kader partainya yang menjadi kepala daerah akan mempermudah pemenang pemilu 2014 itu dalam mewujudkan pemerintahan yang merakyat melalui perjuangan sistemik. Yakni dengan mengantar kader-kadernya menduduki posisi eksekutif di daerah.

“Dari pilkada 2015 dan 29017, kader PDIP yang berhasil menduduki jabatan kepala dan wakil kepala daerah sudah sebanyak 247. Ini menjadi harapan dan upaya sistemik untuk mewujudkan pemerintahan yang merakyat, bersih, dan pemerintahan yang menyelesaikan masalah rakyat guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian," sebutnya.

Untuk itu pula PDIP akan menggenjot kaderisasi guna mencetak calon-calon pemimpin yang bisa diandalkan. "Hal yang menggembirakan bahwa kader Partai yang berhasil tersebut telah melalui sekolah para calon kepala dan wakil kepala daerah," jelasnya.(ara/jpnn)


PDI Perjuangan cukup puas dengan hasil pilkada serentak 2017. Sebab, pilkada serentak yang digelar pada 15 Februari 2017 telah menambah panjang daftar


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News