Dua Ribu TKI dari Malaysia Bakal Pulang ke Indonesia

Dua Ribu TKI dari Malaysia Bakal Pulang ke Indonesia
Ilustrasi. Foto Humas Kemenhub

jpnn.com - JOHOR BAHRU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) maupun yang menetap di Malaysia, akan kembali ke Tanah Air untuk merayakan Idul Fitri, pada 6 Juli mendatang.

"Diperkirakan hingga 5 Juli nanti, sekitar 2 ribu WNI yang tinggal atau bekerja di Malaysia akan kembali ke Indonesia melalui pelabuhan-pelabuhan laut antar bangsa di Malaysia," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamuraharjo dalam siaran persnya, Senin (4/7).  

Selain pelabuhan laut di Johor Bahru, terdapat Pelabuhan Klang (Port Klang) yang berjarak 45 kilometer dari Kuala Lumpur dan Port Dickson, yang melayani rute Malaysia – Indonesia. Kedua pelabuhan ini juga menjadi pelabuhan pilihan para WNI untuk mudik.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang Lebaran, otoritas Port Klang menambah jumlah armada kapal dan jadwal kapal, yang dioperasikan menjadi setiap hari dari jadwal operasi normal sebelumnya tiga kali seminggu.

Sementara itu, meski arus penumpang di Port Dickson meningkat, namun peningkatannya tidak sebanyak di pelabuhan-pelabuhan lain di Malaysia. Diperkirakan jumlah penumpang pada tahun ini mengalami penurunan karena banyaknya alternatif pelabuhan yang bisa digunakan.

"Meski begitu, pihak otoritas pelabuhan tetap mengantisipasi lonjakan arus penumpang dengan meminta tambahan kapal dari Port Klang," ucap Hemi. (chi/jpnn)


JOHOR BAHRU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) maupun yang menetap di Malaysia, akan kembali


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News