JPNN.com

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sebut Iran Ancaman Bagi Ekonomi Global

Kamis, 02 Juli 2020 – 18:06 WIB
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sebut Iran Ancaman Bagi Ekonomi Global - JPNN.com
Menhan Prabowo Subianto saat menerima kunjungan kehormatan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia H.E Mr. Esam A. Abid Althagafi di Kantor Kemenhan, Jakarta, Selasa (12/11). Foto: Puskom Publik Kemhan

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi mengatakan, pihaknya mempunyai kemampuan infrastruktur yang memadai dan telah menerapkan sejumlah teknologi canggih untuk menghalau aksi agresi Iran

"Pemerintah Arab Saudi telah menerapkan sejumlah teknologi canggih untuk menemukan sumber senjata dan rudal yang menargetkan instalasi minyak kami," kata Esam dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pemerintah Arab Saudi dalam laporannya menyebutkan bahwa terdapat bukti-bukti berupa puing-puing drone dan rudal jelajah yang menunjukkan keterlibatan Iran dalam tindakan agresi melalui dukungan negara itu kepada kelompok militan Houthi.

"Tindakan sabotase yang menargetkan instalasi minyak itu bukan hanya menargetkan Arab Saudi, tetapi juga komunitas internasional dan ekonomi global," kata Kedutaan Besar Arab Saudi, menambahkan bahwa terdapat penurunan 50 persen produksi minyak, setara 5,7 juta barel per hari.

Menurut Arab Saudi, aksi agresi yang dilakukan oleh Iran itu telah mengakibatkan 113 orang warga Arab Saudi serta sejumlah warga asing di sana menjadi korban.

Untuk itu, Arab Saudi menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menekan pemerintah Iran agar mengubah perilaku dan mengikuti sistem yang normal, serta berhenti mengeluarkan kebijakan luar negeri yang agresif terhadap negara di kawasan dan dunia. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil