Dubes Lu Kang: Hanya Ada Satu China!

Dubes Lu Kang: Hanya Ada Satu China!
Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang menggelar konferensi pers di kediamannya di Jakarta, Rabu (21/12/2022). Foto: ANTARA/Asri Mayang Sari

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang menegaskan bahwa Taiwan adalah bagian dari China dan dalam sejarah tidak pernah menjadi sebuah negara.

“Status quo mendasar adalah, pertama, Taiwan, sebagai bagian dari China, tidak pernah menjadi negara, tidak dalam sejarah, tidak sekarang,” kata Lu Kang  dalam acara seminar “Pengaruh China di Timur Tengah dan Prospek Stabilitas dan Perdamaian” yang diadakan oleh Sekolah Strategis dan Studi Global Universitas Indonesia di Jakarta, Senin.

Lu Kang melanjutkan, hal tersebut telah ditegaskan oleh instrumen hukum internasional seperti Deklarasi Kairo dan Proklamasi Potsdam, yang meletakkan dasar bagi hubungan internasional pasca perang.

Dia juga mengatakan bahwa kedua sisi Selat Taiwan belum mencapai penyatuan kembali secara utuh, namun kedaulatan dan keutuhan wilayah China tidak pernah dan tidak dapat dipisahkan.

“Hanya ada satu China. Ini jelas diatur dalam dokumen hukum di kedua sisi Selat,” tegas Lu Kang.

Mengenai Asia-Pasifik, Lu Kang menyampaikan bahwa China sebagai anggota Asia-Pasifik menghargai perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan.

“Kami dengan tegas menentang segala upaya untuk memicu konfrontasi, terutama konfrontasi militer, atau tindakan yang membahayakan keamanan bersama,” ujarnya sambil menambahkan bahwa China selalu mengikuti Piagam PBB dan norma hukum internasional yang diterima secara luas.

“Kami selalu meminta mereka yang telah mengusulkan apa yang disebut ‘tatanan internasional berbasis aturan’ untuk mengklarifikasi apakah yang disebut ‘aturan’ mereka identik dengan Piagam PBB,” tambahnya.

Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang menegaskan bahwa negaranya adalah satu-satunya China yang diakui dunia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News