Dubes Lyudmila Berharap Indonesia Percaya Rusia Adalah Korban

Dubes Lyudmila Berharap Indonesia Percaya Rusia Adalah Korban
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyampaikan taklimat media di Jakarta, Rabu (4/9/2019). Foto: ANTARA/Yashinta Difa

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menanggapi tuduhan negara-negara Barat dengan menegaskan bahwa negaranya tidak punya niat sama sekali untuk menyerang Ukraina.

"Saya akan mengulangi kembali pernyataan Presiden dan Menteri Luar Negeri Rusia bahwa Rusia tidak punya niat untuk menyerang Ukraina. Mengapa pula kami ingin melakukan hal itu?," kata Vorobieva dalam wawancara khusus dengan ANTARA pada Jumat.

Dubes Rusia itu mengatakan bahwa pihaknya menganggap Ukraina sebagai saudara sehingga Rusia tidak mungkin menyerang Ukraina.

"Saya lahir di Ukraina. Saya bukan orang Ukraina, saya orang Rusia tetapi kami melihat warga Ukraina sebagai saudara kami. Mengapa kami mau bertarung dengan saudara kami sendiri? Itu suatu pemikiran yang tidak masuk akal," ujarnya.

Menanggapi kekhawatiran negara-negara Barat, khususnya aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), mengenai peningkatan kehadiran pasukan Rusia di perbatasan dengan Ukraina, Vorobieva menilai bahwa kekhawatiran Barat itu sebagai hal yang tidak logis.

"Kami (Rusia) mempunyai perbatasan dengan Ukraina, jadi tentu saja ada pasukan Rusia dekat perbatasan, tetapi pasukan itu masih berada pada sisi wilayah kami," jelasnya.

"Kata kuncinya di sini adalah pasukan itu berada di wilayah Rusia. Tidak ada satu pun tentara atau kendaraan Rusia yang menyeberangi perbatasan. Dan kami mengadakan latihan militer dengan para sekutu dan teman kami -- seperti Belarus, kami juga mempunyai hak sepenuhnya untuk melakukan itu," lanjut Vorobieva.

Dia kembali menekankan bahwa keberadaan pasukan Rusia di perbatasan negara itu dengan Ukraina adalah suatu hal yang wajar.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva bicara panjang lebar terkait situasi di perbatasan Ukraina serta ketegangan dengan Barat

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News