Duduk Terus tak Sempat Bergerak? Lakukan 3 Cara Mudah ini

Duduk Terus tak Sempat Bergerak? Lakukan 3 Cara Mudah ini
Duduk terlalu lama. Ilustrasi. Foto abmfederal

jpnn.com - Para ahli kesehatan tidak menganjurkan Anda duduk terlalu lama. Menurut dr. Alvin terlalu lama duduk dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah sebesar 125 persen, obesitas, metabolisme tubuh juga jadi melambat.

Tak hanya itu, terlalu lama duduk juga dapat memengaruhi postur tubuh termasuk bokong.

Karena itu, untuk mencegah terjadinya berbagai dampak buruk tersebut, Anda dianjurkan untuk tidak terlalu lama duduk. Sebagai gantinya, Anda harus mulai banyak bergerak. 

Dalam hal ini, Anda tak melulu harus melakukan gerakan seperti sedang berolahraga. Anda hanya perlu melakukan gerakan biasa, seperti naik turun tangga atau berjalan kaki dari parkiran ke kantor.

Tidak sempat melakukannya? Anda tetap bisa menyiasati agar tubuh tidak dalam kondisi diam terlalu lama. Berikut beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan di tempat duduk:

1.Fleksi

Lakukan gerakan menunduk. Usahakan agar tubuh dan bahu Anda tidak bergerak. Lakukan hingga tengkuk leher Anda terasa meregang. Pertahankan posisi ini selama 10 detik, lalu kembali ke posisi netral (kepala menghadap lurus ke depan).

2.Fleksi kanan dan kiri

Anda yang setiap hari kerap menghabiskan waktu duduk dibanding bergerak, coba lakukan hal di bawah ini supaya kesehatan tetap terjaga.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News