Waspada, 4 Hal Ini Bisa Merusak Daya Tahan Tubuh

Waspada, 4 Hal Ini Bisa Merusak Daya Tahan Tubuh
Tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Daya tahan tubuh yang prima merupakan dasar utama agar Anda terhindar dari penyakit. Apalagi bagi Anda yang bekerja sepanjang hari, sangat penting untuk memiliki tubuh yang sehat. Namun tanpa disadari, ternyata banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang justru bisa menurunkan kekebalan tubuh. Apa sajakah?

1. Kurang Waktu Tidur.

Kualitas tidur yang baik tidak hanya soal durasi saja. Melainkan apakah Anda terbangun atau tidak saat tidur, dan merasa segar saat bangun tidur atau tidak. Berdasarkan penelitian, orang yang kualitas tidurnya baik memiliki parameter nilai kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang kualitas tidurnya buruk, terutama durasi tidur yang kurang. Mereka memiliki parameter kekebalan tubuh yang lebih rendah, serta lebih rentan terhadap penyakit seperti flu, gangguan mood, dan masalah konsentrasi.

2. Duduk Terlalu Lama.

Mungkin Anda sedikit bingung, apa hubungan antara duduk terlalu lama dan daya tahan tubuh? Kurangnya aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Jika Anda duduk lebih lama, berarti Anda lebih sedikit bergerak apalagi berolahraga.

Berdasarkan penelitian dari British Journal of Sports Medicine, infeksi saluran pernapasan atas berlangsung lebih lama 42 persen pada orang yang hanya berolahraga seminggu sekali, dibandingkan dengan orang yang berolahraga hingga lima kali dalam seminggu.

3. Stres.

Sayangnya, tanpa disadari, ternyata banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang justru bisa menurunkan kekebalan tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News