Rabu, 15 Agustus 2018 – 21:23 WIB

4 Kiat Sehat Saat Begadang

Kamis, 15 Februari 2018 – 04:04 WIB
4 Kiat Sehat Saat Begadang - JPNN.COM

jpnn.com - Bisa jadi banyak di antara Anda yang terpaksa mengorbankan waktu tidur malam untuk begadang karena tuntutan pekerjaan.

Beberapa pekerjaan seperti dokter, perawat, mekanis, satpam, hingga penjaga gedung pun mengharuskan waktu berjaga di malam hari.

Terpotongnya waktu istirahat di malam hari bisa menimbulkan rasa lemas, letih, dan kurang fokus untuk melakukan aktivitas lain. Disebutkan pula bahwa pada orang-orang yang sering begadang pada akhirnya tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Pada kelompok orang yang sering begadang ini bahkan bisa muncul gangguan tidur kronis. Pada gilirannya, kurang tidur dan kebiasaan begadang bisa memengaruhi perasaan, pekerjaan, hingga kebugaran jantung dengan meningkatnya risiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, serta gangguan irama denyut jantung.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tetap sehat walau sedang begadang:

1. Pastikan Jadwal Anda.

Usahakan agar jam jaga malam yang mengharuskan Anda untuk begadang adalah pada waktu yang sama, dalam jangka waktu yang cukup lama, dan tetap konsisten. Misalnya dengan mengusahakan shift jaga malam pada jam yang kurang lebih sama dalam sebulan.

Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan waktu tidur, bekerja, dan makan dalam waktu yang cepat atau terlalu fluktuatif. Hal ini bisa menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih lelah dan bisa meningkatkan risiko gangguan tidur kronis.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar