Duet Jokowi-JK Terancam Saling Perang Ego

Duet Jokowi-JK Terancam Saling Perang Ego
Pasangan capres dan cawapres Jokowi-JK. FOTO: getty images

jpnn.com - JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres) Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dinilai memiliki tantangan lebih besar dibanding rivalnya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Pasalnya, duet Jokowi-JK harus bekerja keras untuk saling menurunkan ego masing-masing.

Hal ini mengingat sosok calon wakil presiden (cawapres) JK yang merupakan negarawan senior. Pengalaman dan senioritas JK dikhawatirkan akan menenggelamkan sosok Jokowi.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, duet Jokowi-JK harus sama-sama menurunkan ego untuk meredam potensi terjadinya matahari kembar.

"Jokowi-JK harus sama-sama menurunkan ego. Bila tidak, Jokowi akan kesulitan memimpin negara karena berada di tengah-tengah antara dua negarawan senior, Megawati dan JK," kata Hendri kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/5).

Menurut Hendri, sebenarnya sejak awal Jokowi sudah menyadari potensi matahari kembar jika bersanding dengan JK. Oleh karenanya, Gubernur DKI Jakarta itu mencari sosok muda seperti Ketua KPK Abraham Samad untuk digandeng sebagai cawapres.

Namun, ternyata PDIP lebih memilih JK dibandingkan Abraham. Duet Jokowi-JK pun telah didaftarkan ke KPU RI pada Senin (19/5) kemarin.

"Sabam Sirait juga mengisyaratkan bahwa sebaiknya JK tidak sebagai cawapres, tetapi berposisi sebagai pengayom seperti Megawati," ujar Hendri. (dil/jpnn)

JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres) Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dinilai memiliki tantangan lebih besar dibanding rivalnya, Prabowo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News