Duet Rieke-Teten Terganjal Prabowo

PDIP Ingin Usung Calon Sendiri dalam Pilgub Jabar

Duet Rieke-Teten Terganjal Prabowo
Rieke Diah Pitaloka bersama TB Hasanuddin (tengah) dan Teten Masduki. Foto: TB Hasanuddin for JPNN
JAKARTA - PDIP kini lebih berhati-hati untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam pilkada. Pengalaman pilgub DKI Jakarta menunjukkan, kemenangan duet Jokowi-Ahok justru memberikan insentif elektoral terhadap Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Prabowo Subianto. Persoalannya, Prabowo tengah berancang-ancang menjadi capres 2014.

 

Posisi PDIP di DPRD Jawa Barat relatif kuat. Mereka memiliki modal kursi DPRD yang cukup untuk mengusung sendiri pasangan gubernur dan wakil gubernur.

"Kami punya suara yang cukup di Jawa Barat sehingga punya kewenangan untuk maju sendiri. Kalau ada partai lain mendukung silakan, tapi tidak dalam konteks koalisi," kata Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo di gedung DPR, Kamis (25/10).

 

Dia menegaskan, PDIP sekarang hanya punya dua opsi. Opsi pertama, Rieke Diah Pitaloka berpasangan dengan kader PDIP sebagai wakilnya. "Jadi, dua-duanya kader partai," ujar anggota Komisi I DPR tersebut.

JAKARTA - PDIP kini lebih berhati-hati untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam pilkada. Pengalaman pilgub DKI Jakarta menunjukkan, kemenangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News