Dugaan Korupsi SDA Dilapor ke KPK

Dugaan Korupsi SDA Dilapor ke KPK
Dugaan Korupsi SDA Dilapor ke KPK
JAKARTA - Koalisi Anti Mafia Hutan akhirnya melaporkan terjadinya dugaan tindak pidana korupsi dalam sektor Sumber Daya Alam (SDA) meliputi kehutanan, perkebunan dan pertambangan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Indikasi kerugian negara dalam kasus ini mencapai triliun rupiah.

Zenzi Suhadi, salah satu anggota koalisi dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mengatakan, laporan telah mereka sampaikan kepada pimpinan KPK yakni Busyro Muqoddas dan Zukarnaen. Dua pimpinan itu yang akan menindaklanjuti laporan mereka.

"Tadi kita sudah ketemu dengan pimpina di KPK. Ada 5 kasus yang kita laporkan sudah munculkan angka kerugian negara senilai Rp 1,9 triliun," kata Zenzi usai bertemu pimpinan KPK, Jumat (14/6).

Berdasarkan data Walhi, terdapat sekitar 1.508 perusahan kehutanan dan tambang beroperasi di kawasan hutan. Juga ada 1.017 perusahaan perkebunan membuka usaha di hutan. Angka kerugian negara itu kata Zenzi bagai gunung es karena angka Rp 1,9 triliun belum termasuk 2000 izin lain di kawasan hutan.

JAKARTA - Koalisi Anti Mafia Hutan akhirnya melaporkan terjadinya dugaan tindak pidana korupsi dalam sektor Sumber Daya Alam (SDA) meliputi kehutanan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News