Dugaan Pelecehan Seksual Istri Ferdy Sambo, Sikap Komnas Perempuan Berbeda

Dugaan Pelecehan Seksual Istri Ferdy Sambo, Sikap Komnas Perempuan Berbeda
Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (kanan) di depan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8). Foto: Antara Video - Sumber Video Fachmy Febrian

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Nasional Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan bakal tetap meminta keterangan dari istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Permintaan keterangan ini tetap dilanjutkan meski pengusutan kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri dengan terlapor Brigadir J telah dihentikan oleh kepolisian dengan alasan tidak ditemukan peristiwa pidana.

Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini mengatakan dugaan peristiwa yang dilaporkan oleh Putri Candrawathi masih tetap harus diperdalam.

“Kami berpendapat bahwa dugaan peristiwa kekerasan seksual terhadap Ibu P masih perlu diperdalam, termasuk informasi kemungkinan peristiwa di Magelang,” ucap Theresia, Senin (15/8).

Menurut dia, proses pemeriksaan ini perlu dilakukan dengan memperhatikan kondisi kesehatan yang bersangkutan dan merujuk pada Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

“Sehingga dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dan saat bersamaan tidak mencederai pihak yang diperiksa, dalam hal ini terduga korban kekerasan seksual,” kata dia.

Komnas Perempuan meminta kepada semua pihak untuk bersabar menunggu hasil pemeriksaan dari pihak Kepolisian dan tim gabungan Komnas HAM-Komnas Perempuan.

“Termasuk dengan tidak berspekulasi atau mengeluarkan tuduhan-tuduhan yang dapat menyebabkan Ibu P bungkam atau dapat menghalangi upaya pengungkapan peristiwa,” tuturnya.

Komnas Perempuan punya sikap berbeda terkait kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, dengan terlapor Brigadir J.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News