Duh! Siswa SD Belajar di Gudang

Duh! Siswa SD Belajar di Gudang
Duh! Siswa SD Belajar di Gudang

jpnn.com - MERANGIN - Sungguh miris nasib siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 143/IV, Kungkai II Kecamatan Bangko, Merangin, Jambi. Karena banyaknya jumlah murid, membuat sebagian siswa harus rela belajar di gudang dan eks rumah dinas guru.

Pantauan Jambi Independent (Grup JPNN), kondisi bangunan rumdis guru dan gudang yang dijadikan sebagai tempat menutut ilmu tersebut kondisinya sangat tidak layak. Dinding dan atap yang sudah rusak. Jika hujan para siswa harus mengungsi ke kelas lain. Malahan harus berteduh di teras ruang kelas lainnya.

Sedikitnya ada 60 siswa yang harus menempati eks rumdis guru dan gudang. Fasilitas ini dijadikan ruang belajar yang dibagi menjadi empat kelas yakni 2A, 2B, 3A dan 3B.

Selain pencahayaan yang tidak baik, kondisi lantai serta dinding ruangan belajar juga tidak baik. Bagian atap ruangan ini juga sudah rusak parah. “Inilah kondisinyo bang, mau kayak mano lagi. Yang penting anak biso sekolah,” ungkap salah seorang wali murid, sembari minta namanya dirahasiakan.

Kepala Sekolah SDN No 143/VI Kungkai II Kecamatan Bangko, Asrin, membenarkan jika ada empat kelas yang menempati eks bangunan rumdis guru dan gudang. Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.

Penyebabnya, kata dia, pertambahan siswa yang bersekolah di SD ini terus meningkat setiap tahunnya. Sementara, sekolah belum memiliki fasilitas ruang belajar yang memadai. “Memang tidak layak, tapi itu yang mampu kita lakukan. Sebab belum ada pembangunan ruang kelas baru,” kata Asrin.

Diakui Asrin, pihak sekolah setiap tahun terus mengajukan pembangunan ruang kelas baru ke Dinas Pendidikan Merangin. Akan tetapi sampai saat ini belum ada kepastian apapun. “Kalau dicek pihak dari Dinas Pendidikan Merangin, sudah sering. Ya karena belum ada dana ya kita pasrah saja,” katanya. (usa/sam/jpnn)


MERANGIN - Sungguh miris nasib siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 143/IV, Kungkai II Kecamatan Bangko, Merangin, Jambi. Karena banyaknya jumlah murid,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News