Duh, Truk Tambang Terjebak Lahar Dingin

Duh, Truk Tambang Terjebak Lahar Dingin
Banjir lahar dingin. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, LUMAJANG - Kondisi cuaca ekstrem dalam tiga hari terakhir juga menjadi petaka bagi para penambang di Lumajang, Jatim. Mereka yang nekat menerobos lokasi tambang sampai terjebak lahar dingin. Kemarin sepuluh truk terkena lahar. Satu di antaranya terjebak di tengah lahar.

Kondisi tersebut terjadi di aliran Sungai Leprak, kawasan Desa Jugosari. Satu unit truk pengangkut pasir terendam banjir lahar dingin.

Truk yang diketahui nekat melintas siang kemarin terjebak di tengah derasnya banjir lahar. Untung, sopir berhasil menyelamatkan diri meski badan truk terendam.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Semeru, truk tersebut adalah milik Tri Waluyo. Lelaki 34 tahun asal Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, itu menyatakan, truknya terjebak di tengah banjir hujan Gunung Semeru sekitar pukul 12.00.

''Rodanya tersangkut batu. Jadi gak bisa nerobos,'' ungkap Sofyan, warga penambang.

Kejadian itu bermula saat si sopir berusaha menyeberangi sungai yang debitnya masih besar. Namun, saat truk berada di tengah sungai, tiba-tiba saja rodanya tersangkut batu.

Meski sempat dilakukan evakuasi dengan membuang muatan pasirnya, tak kunjung ada hasil. Hingga lahar kiriman datang dan menghantam badan truk.

''Sempat panik tadi. Sopir langsung menyelamatkan diri,'' ungkapnya.

Sempat dilakukan evakuasi dengan membuang muatan pasirnya tak kunjung ada hasil hingga lahar kiriman datang dan menghantam badan truk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News