Duh! Usia Baru 5 Tahun, Gedung DPRD DKI Sudah Rusak

Duh! Usia Baru 5 Tahun, Gedung DPRD DKI Sudah Rusak
Tembok Gedung DPRD DKI Jakarta terlihat menyembul keluar karena tekanan. Foto: M Adil/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (15/12). Bangunan yang berusia sekitar lima tahun itu mengalami kerusakan. Dinding bagian atasnya terlihat menonjol ke luar akibat tekanan beban bangunan.

"Tadi ada laporan bahwa tadi di lantai sebelas itu temboknya miring dan sudah mulai retak. Jadi sudah ditemukan oleh Pak Kabiro Umum barusan lapor, jadi saya lihat sekalian," kata Anies di lokasi.

Setelah meninjau konstruksi bangunan itu, Anies melihat ada kemiringan 20 derajat dari garis lurus tembok bangunan. Anies mengaku pihaknya sudah memperbaiki hal tersebut.

Anies menilai, kerusakan tersebut akibat getaran mesin high pressure laminate (HPL). Selain itu, udara dingin yang dikeluarkan mesin AC itu memberikan dampak kepada dinding bangunan.

"Jadi kalau kebuka itu ada udara masuk dari tengah cukup keras karena tekanan ke membran dari selaput itulah yang agak nahan," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Dewan DPRD DKI Muhammad Yuliadi menambahkan, bangunan DPRD DKI diresmikan pada 2012. Penanggung jawab proyek adalah Jaya Konstruksi (Jakon).

"Kemarin sudah kami panggil, untuk melakukan hal-hal yang preventif lah, antisipasi untuk jangan sampai lebih parah," kata Yuliadi saat dihubungi.

Pihak Jakon, kata Yuliadi, akan menyanggah tembok bangunan yang rusak dengan tali sling berupa kabel kawat. "Ditarik supaya gak roboh kan," tambah dia.

Gedung DPRD DKI yang baru berusia sekitar lima tahun mengalami kerusakan. Dinding bagian atasnya terlihat menonjol ke luar akibat tekanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News