Dukung Asian Games 2018, Kelenteng Kwan Sing Bio Gelar Kirab

Dukung Asian Games 2018, Kelenteng Kwan Sing Bio Gelar Kirab
Peserta kirab akbar di Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Jawa Timur, Minggu (5/8). Foto: Djainab Natalia Saroh/jpnn

jpnn.com, TUBAN - Merayakan ulang tahun ke-1858 Kongco Kwan Sing Tee Koen, Kelenteng Kwan Sing Bio di Tuban, Jawa Timur, menggelar kirab atau mengarak miniatur patung Dewa, Minggu (5/8) lalu.

Kirab yang mengarak 59 patung Dewa itu juga diklaim sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia.

“Ya, kami mendukung Asian Games 2018. Malah kami sengaja membuat seragam khusus untuk itu dan dipakai para peserta kirab,” kata Ketua Koordinator HUT Kongco Kwan Sing Tee Koen, Alim Sugiantoro kepada jpnn.

Setidaknya ada 59 patung Dewa yang diarak peserta kirab di sejumlah titik jalan di Tuban, yakni jalan Panglima Sudirman, WR Supratman, Basuki Rahmat, Diponegoro, dan kembali ke kelenteng.

"Kalau tidak diizinkan untuk kirab, kegiatan tersebut juga tidak akan dilakukan. Jadi tidak setiap tahun ada acara seperti ini," ujar Alim.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Penilik Kelenteng Kwan Sing Bio ini mengatakan, patung Kongco Kwan Sing Tee Koen yang terbesar dan yang paling ditunggu-tunggu pengunjung.

"Karena memang Kongco Kwan Sing Tee Koen yang paling terkenal di seluruh dunia," jelas Alim.

Mengenai tujuan diadakan kirab, kata Alim, untuk memakmurkan rakyat dan membaurkan budaya.

Merayakan ulang tahun Kongco Kwan Sing Tee Koen, sekaligus mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018, Kelenteng Kwan Sing Bio menggelar kirab akbar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News