Dukung Geothermal Dieng, Ganjar: Kekayaan Alam Luar Biasa

Dukung Geothermal Dieng, Ganjar: Kekayaan Alam Luar Biasa
Gubernur Ganjar Pranowo mengunjungi Geothermal Dieng. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, DIENG - Pengembangan proyek geothermal di kawasan Dieng terus didorong untuk mewujudkan kemandirian energi.

Selain untuk suplai energi masyarakat industri, dan pariwisata, proyek geothermal di sekitar kawasan Kawah Sikidang Dieng itu bisa dijadikan wisata energi panas bumi.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng, Rabu (18/8/2021).

"Administrasinya ini sebenarnya Wonosobo dan sebelah sana itu Banjarnegara. Ini adalah (power) plant baru dengan kapasitas 12 MW, tidak terlalu besar tapi yang menarik ini sudah mulai aktif dan sudah bisa suplai listrik," ujarnya.

Ganjar menjelaskan energi panas bumi di Jawa Tengah cukup banyak. Geothermal Dieng merupakan salah satu yang pertama dari PT Geo Dipa Energi.

"Sebenarnya pengembangan di wilayah Gunung Slamet dan Gunung Lawu itu juga ada potensi besar. Kalau kita bicara energi alternatif dan energi yang bisa terbarukan maka ini energi yang bagus," katanya.

Proyek geothermal di kawasan Dieng sendiri terus dikembangkan, khususnya penggunaan teknologi yang lebih efisien sehingga memiliki manfaat yang bagus.

Dalam waktu dekat PT Geo Dipa Energi akan menambah 12 sumur gas di daerah Karang Tengah, Banjarnegara.

Gubernur Ganjar Pranowo mendukung Geothermal Dieng yang merupakan salah satu yang pertama dari PT Geo Dipa Energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News