Dukung Kementan, Bulog Bangun Gudang Untuk Serap Kedelai Petani

Dukung Kementan, Bulog Bangun Gudang Untuk Serap Kedelai Petani
Lahan pertnian kacang kedelai. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Divisi Pengadaan Pangan Lain Badan Urusan Logistik (Bulog) Yayat Hidayat Fatahillah mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyerap kedelai petani yang memasuki musim panen dengan membangun gudang khusus kedelai.

"Sebagai langkah memasuki panen kedelai di beberapa wilayah di Indonesia, Bulog siap menyerap kedelai petani, terutama di sekitar daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Yayat dalam siaran pers Kementan, Rabu (18/9).

Yayat menjelaskan, Bulog telah membangun gudang khusus untuk kedelai yang lokasinya ada di Banyumas dan Sidoarjo dengan kapasitas masing-masing 3.500 ton. Gudang tersebut tidak hanya bangunan biasa, namun sudah dilengkapi dengan Dehumitifier dan Pneumatic Conveyor.

“Jadi alat tersebut gunanya untuk mengatur kelembapan dan untuk mempecepat pembongkaran. Kami manfaatkan teknologi ini agar kedelai yang di gudang tidak cepat rusak,” jelasnya.

Yayat menambahkan, rencana selanjutnya Bulog akan membuat gudang kedelai di lokasi sentra lain di daerah Grobogan Jawa Tengah. Pasalnya, Grobogan merupakan sentra kedelai, sehingga akan dibangun gudang.

"Kami akan buat satu lagi di sana (Grobogan). Kapasitasnya sama lah seperti yang di Banyumas dan Sidoarjo sekitar 3.500 ton,” ujarnya.

Untuk menunjukkan keseriusan Bulog, Yayat menegaskan Direktur Pengadaan Bulog telah menerbitkan surat tugas ke Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk segera berpartisipasi dalam penyerapan hasil panen kedelai di tingkat petani.

"Pada dasarnya Bulog akan terus mendukung kegiatan Kementrian Pertanian, karena sudah merupakan kewajiban pemerintah dalam pelayanan publik, dalam hal kedaulatan pangan,” tambah dia.

Kepala Divisi Pengadaan Pangan Lain Badan Urusan Logistik (Bulog) Yayat Hidayat Fatahillah mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyerap kedelai petani yang memasuki musim panen dengan membangun gudang khusus kedelai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News