Dukung Kenduri Lawang Swarnabhumi Jambi, Bamsoet Ingin Budaya di DAS Batanghari Tetap Lestari

Dukung Kenduri Lawang Swarnabhumi Jambi, Bamsoet Ingin Budaya di DAS Batanghari Tetap Lestari
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menerima kunjungan Bupati Tajung Jabung Timur Romi Hariyanto dan rombongan, Jumat (9/9). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendukung rencana diselenggarakannya Kenduri Lawang Swarnabhumi Jambi oleh Pemkab Tanjung Jabung Timur pada Senin (19/9) mendatang.

Acara yang akan digelar di Kampung Laut, Tanjung Jabung Timur dengan mengusung tema utama Peradaban Sungai Batanghari, yaitu 'Dulu, Kini, dan Nanti' itu rencananya dibuka Menko PMK Muhadjir Effendy.

Bamsoet meyakini selain dapat memajukan kebudayaan, Kenduri Swarnabhumi juga menjadi gerakan pemulihan ekosistem alam di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Batanghari yang kini mulai tercemar akibat polusi limbah dari penambangan emas liar yang dilakukan di sekitar wilayah Sungai Batanghari.

"Karena dengan menjaga Sungai Batanghari, berarti kita juga menjaga kehidupan, menjaga budaya-budaya yang ada di sepanjang DAS Batanghari tersebut," kata Bamsoet sesuai menerima kunjungan Bupati Tajung Jabung Timur Romi Hariyanto, Jumat (9/9).

Waketum Partai Golkar itu menyebutkan berbagai candi yang ada di wilayah Jambi dan Sumatera Barat mencatat berbagai aktivitas kehidupan masyarakat di masa lampau tidak lepas dari Sungai Batanghari.

Selain sebagai sumber kehidupan warga, Sungai Batanghari juga memiliki rekam jejak sejarah yang cemerlang sebagai bagian dari jalur rempah tempat perlintasan perdagangan lintas samudera.

Bamsoet pun meyakini melalui Kenduri Lawang Swarnabhumi, generasi muda maupun berbagai kalangan di Jambi dan Sumatera Barat bisa mengetahui kehebatan Sungai Batanghari di masa lampau.

"Sehingga kita bisa menghargai keberadaan Sungai Batanghari dengan menjaga ekosistemnya secara baik," ujar Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia itu.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet tegaskan mendukung penyelenggaraan Kenduri Lawang Swarnabhumi Jambi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News