Dukung Keutuhan NKRI, Kelompok Cipayung Plus Gelar Aksi Damai

Dukung Keutuhan NKRI, Kelompok Cipayung Plus Gelar Aksi Damai
Aksi damai di Patung Kuda, Jl. MH Thamrin, Jakarta. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah aktivis mahasiswa dari berbagai organisasi menggelar aksi damai bertajuk 'Jaga Toleransi, Junjung Tinggi Kemanusiaan', di Patung Kuda Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (19/11) malam.

Aksi ini digagas oleh kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus.

Koordinator aksi Yakin Simatupang mengatakan, aksi ini dalam rangka menyikapi situasi nasional yang akhir-akhir ini terjadi. Salah satunya adalah aksi teror yang terjadi di Samarinda dan Kota Batu merupakan ujian bagi demokrasi.

"Kami melihat bahwa kondisi bangsa hari ini sedang penuh masalah. Maka kami dari kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus berinisiatif untuk membangun, mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu dalam menjaga toleransi, pluralisme dan menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Dia juga sempat menyinggung kemungkinan adanya aksi besar yang terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Harapannya aksi tersebut berlangsung dengan damai sehingga tidak mencederai Bhinneka Tunggal Ika.

"Isu-isu yang berkembang bahwa akan ada pergerakan yang sangat besar itu dilakukan dalam hal-hal yang damai lah, kami minta untuk tetap menjaga persatuan demi keutuhan NKRI," terangnya.

Yakin mengungkapkan, acara aksi ini tidak hanya dilakukan di Jakarta tetapi tersebar di sembilan daerah lainnya, yakni di Medan, Solo, Mataram, Manado, Ambon, Jayapura, Denpasar, Samarinda dan Kupang.

"Pesan kami, ingin mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu menjaga keutuhan NKRI, junjung tinggi pluralisme, karena kita bangsa majemuk, terdiri dari banyak suku dan berbagai agama yang itu diakui oleh negara, dan kami minta untuk menjaga keutuhan NKRI," pungkasnya. (adk/jpnn)


JAKARTA - Sejumlah aktivis mahasiswa dari berbagai organisasi menggelar aksi damai bertajuk 'Jaga Toleransi, Junjung Tinggi Kemanusiaan',


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News