Dukung Lebih 500 UMKM, Sampoerna dan Yayasan INOTEK Gelar Festival UMKM

Dukung Lebih 500 UMKM, Sampoerna dan Yayasan INOTEK Gelar Festival UMKM
Dukung lebih 500 UMKM, Sampoerna dan Yayasan INOTEK gelar Festival UMKM. Foto: HM Sampoerna

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) bersama PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) memperingati Hari UMKM Nasional dan HUT Kemerdekaan Indonesia dengan mengadakan Festival UMKM #BangkitWirausaha yang diselenggarakan pada 18-22 Agustus 2021.

Festival UMKM ini didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Standarisasi Nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov DKI Jakarta, dan Pemda Kabupaten Karawang, serta diikuti oleh 500 UMKM.

Festival ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa UMKM menyumbang lebih dari 60 persen PDB dan jelas adalah tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Pendampingan seperti yang dilakukan oleh Sampoerna bersama INOTEK dalam Festival UMKM ini saya rasa sudah tepat dan saya berharap dukungan yang diberikan kepada UMKM tidak hanya sekadar bertahan melalui pandemi, tetapi juga meraih sukses di pasar domestik hingga bahkan bisa menembus pasar internasional,” kata Jerry Sambuaga, Rabu (18/08).

Ketua Dewan Pengurus INOTEK Indra Uno mengatakan sebagai inkubator bisnis yang memberikan dukungan kepada UMKM, pihaknya berkomitmen memberikan dukungan dan mendorong UMKM memiliki daya saing dengan hilirisasi produk-produk UMKM binaan sebagai pendorong pergerakan ekonomi melalui penyelenggaraan Festival UMKM #BangkitWirausaha untuk memasarkan produk unggulannya yang diikuti oleh 500 UMKM,” ujar Indra Uno.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat menyampaikan melalui payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk senantiasa bersama-sama dengan para pemangku kepentingan dan mitra strategis mendukung pertumbuhan UMKM melalui program seperti Build Back National Economy Better (BBNEB), terlebih untuk menyikapi tantangan dari pandemi Covid-19.

"Posisi UMKM memegang peranan penting dalam penyerapan tenaga kerja di sektor ini. Namun, pandemi Covid-19 membawa tantangan keberlangsungan UMKM yang memerlukan UMKM melakukan pivot bisnis, sehingga diperlukan program pendukung UMKM yang berdampak signifikan agar UMKM mampu bertahan dan bangkit di saat ini,” kata dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kehadiran Festival UMKM #BangkitWirausaha memberikan energi positif bagi UMKM untuk mampu bangkit dan meningkatkan daya saing.

Yayasan INOTEK bersama dengan Sampoerna memperingati Hari UMKM Nasional dan HUT RI dengan mengadakan “Festival UMKM #BangkitWirausaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News